Advertisement









CARA TEPAT MENGOLAH TELUR DENGAN MESIN TELUR SERBAGUNA



CARA MENGOLAH TELUR UNTUK USAHA KECIL MENENGAH (UKM)

cara-mengolah-telur-mesin-telur-serbaguna
 

Bisnis telur merupakan salah satu usaha rumahan yang cukup menguntungkan. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia masih memilih telur sebagai bahan makanan favorit yang memiliki kandungan protein tinggi. Beberapa macam telur yang dapat digunakan untuk memulai usaha baru, dan beberapa cara pula untuk memasarkannya. Telur sendiri juga dapat digolongkan menjadi kebutuhan utama, karena memang kandungannya yang baik untuk tubuh dan juga banyak manfaatnya. Jika anda lihat, akan sangat mudah anda menemui telur dimanapun anda berada. Di pasar lokal saja pasti anda menemukan telur dengan berbagai macam jenis. Ada telur bebek, telur ayam, telur puyuh dan juga telur olahan lainnya. Usaha telur dengan jenis apapun dari unggas adalah sangat menguntungkan, karena permintaan pasar akan telur unggas terus meningkat setiap tahunnya. Dan jika dilihat lebih detail lagi, telur juga merupakan bahan makanan utama untuk hampir semua menu makanan. Yang digunakan untuk menu makanan seperti putih telur, atau kuning telur. Dapat diolah menjadi masakan, atau untuk bahan baku pembuatan kue. Sebelum memulai bisnis dengan komoditi telur, hal apakah yang harus diperhatikan agar mendapatkan keuntungan yang maksimal? Selain pengamatan pasar akan telur yang dibutuhkan, anda juga harus memperhatikan dari segi pengertian telur terlebih dahulu. Karena jika anda mengetahui dahulu komoditi yang akan anda gunakan untuk usaha, maka anda akan lebih paham jika mengalami kendala saat bisnis tersebut sudah berjalan. Pengetahuan dasar mengenai telur pun dibutuhkan agar pengolahan usaha dengan komoditi telur berjalan lancar. Dibawah ini akan dijelaskan secara sederhana mengenai pengertian telur secara umum.

Telur adalah zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur dan berfungsi memelihara dan menjaga embrio. Telur telur reptil dan juga burung di selimuti kerak pelindung, yang memiliki pori pori agar hewan yang belum lahir tersebut dapat bernafas dengan lancar. Sebenarnya hampir semua jenis telur dapat dimakan, tetapi hanya beberapa jenis telur saja yang lazim untuk dimakan, baik sebagai lauk-pauk maupun sebagai obat. Jadi tidak semua telur yang dapat dikonsumsi dan dapat anda lihat di pasaran, tetapi hanya beberapa jenis telur dari semua jenis telur yang ada yang dapat dikonsumsi secara lazim. Telur yang biasa di konsumsi antara lain telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa dan beberapa jenis burung seperti burung unta dan burung puyuh. Lebih kebanyakan adalah telur dari unggas, karena selain lebih mudah untuk di budidayakan, juga untuk dari segi cara mendapatkan pun tidak terlalu sulit. Selain itu peminat dari telur unggas sangatlah banyak di semua kalangan, sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan lingkup pasar mana yang akan anda tuju. Sebagai bahan makanan, telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Kandungan omega 3 pada telur ayam dapat ditingkatkan melalui pemberian pakan bersuplemen kaya omega-3 yang peningkatannya dapat mencapai enam hingga sepuluh kali lipat dibanding tanpa suplementasi. Adanya peningkatan komponen lemak yang dalam telur tidak mempengarhui kualitas telur yang dihasilkan. Apakah itu saja untuk kandungan dan juga manfaat telur bagi tubuh? Tentu tidak. Di bawah ini akan dijelaskan terlebih dahulu untuk beberapa jenis telur yang sering di konsumsi dan banyak permintaan untuk produsen untuk dipenuhi. 

Semua unggas berkembang biak dengan cara bertelur. Ukuran dari telur unggas pun berbeda beda. Semakin besar ukuran dari unggas, maka akan semakin besar pula ukuran dari telurnya. Meski komponen gizi yang terkandung pada masing masing telur adalah sama, tetapi jumlahnya saja yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis telur unggas yang ada dan yang juga tidak ada di pasaran negara Indonesia. 

1. Telur ayam negeri
Jenis telur ayam negeri biasa dikonsumsi oleh masyarakat, meskipun banyak jenis telur lain seperti telur bebek, telur angsa, atau telur burung puyuh yang juga dapat dikonsumsi. Dapat juga dibilang telur ayam negeri adalah jenis telur dengan peminat paling banyak diantara jenis telur lainnya. Suplai telur tidak ada jeda, rata-rata sekitar 1.000 triliun (1012) telur dikonsumsi setiap tahunnya. Setiap orang di planet ini mengonsumsi 200 butir telur tiap tahun. Telur ayam negeri memiliki beberapa ciri khas yaitu berat sekitar 40-50 gram dengan warna cangkang cokelat gelap hingga terang. Cara penyajian yang paling sering untuk jenis telur ayam negeri atau aplikasi penggunaan telur ayam negeri sangat banyak. Dapat digoreng atau direbus dengan berbagai model penyajian, dan dapat digunakan sebagai ingridien atau bahan baku untuk baking kue.

2. Telur ayam kampung
Telur ayam kampung memiliki ukuran yang lebih kecil dan warna yang lebih putih dari telur ayam negeri, dari segi harga pun lebih mahal. Telur ayam kampung masih banyak diminati selain telur ayam negeri meski tidak sebanyak peminat telur ayam negeri dan dicitrakan sebagai telur yang lebih sehat, enak, dan juga segar. Citra sehat melekat mungkin karena ayam kampung lebih banyak memperoleh pangan alami (Boga, 2006). Secara penampakan atau ciri ciri dari telur ayam kampung, kuning telur ayam kampung terlihat lebih kuning (kuning keemasan atau lebih ke warna oranye) bila dibandingkan dengan telur ayam negeri, hal ini sering dikait kaitkan dengan kualitas kandungan gizi, khasiat, serta rasa yang lebih baik dari telur ayam kampung. Per 100 gram telur ayam kampung mengandung 174 kalori, 10,8 gram protein, 4,9 mg zat besi dan 61,5 gram retinol. Jika dibandingkan dengan telur ayam negeri, tentu lebih unggul telur ayam kampong. Cara penyajian telur ayam kampong kurang lebih sama dengan telur ayam negeri, telur ayam kampung dapat disajikan dengan berbagai metode seperti digoreng, atau direbus. Di Indonesia telur ayam kampung biasanya juga dikocok bersama jamu untuk minuman kesehatan. Anda juga tidak sulit jika ingin mencari telur ayam kampong di pasar lokal, karena sangat banyak pengusaha yang juga membudidayakan telur dari jenis ayam kampung.

3. Telur bebek
Telur jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dari telur ayam dan lebih kecil dari telur angsa. Sedangkan warna dari telur bebek adalah putih, hampir sama dengan warna dari telur ayam kampung. Telur bebek dikenal dengan ciri khas gurih, menyehatkan dan juga serba guna. Cangkangnya yang lebih tebal dibanding telur ayam, membuat daya simpan telur bebek sedikit lebih lama dari telur ayam yakni sekitar 6 minggu (suhu refrigerator). Jika dibandingkan untuk ditaruh di kulkas, tentu telur bebek jauh lebih awet dibandingkan dengan telur ayam. Persentase kuningnya lebih banyak dari putihnya. Apapun dapat dilakukan dengan telur bebek, sama seperti jika menggunakan telur ayam. Telur bebek lebih kental daripada telur ayam, jika dimasak dan matang, tekstur telur bebek agak kenyal. Telur bebek juga dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan atau proses baking kue. Kandungan proteinnya yang tinggi, membuat cake yang menggunakan telur bebek mengembang dengan sempurna. Tidak heran jika telur bebek juga menjadi pilihan utama para pengusaha kue agar hasil cake atau roti yang di produksi mengembang dengan sempurna. Kandungan lemaknya yang agak tinggi juga berkontribusi pada rasa dan warna pada produk. Jika dilihat dari segi bisnis,Cost production atau biaya produksi juga dapat ditekan jika menggunakan telur bebek, karena dua telur ayam adalah setara dengan 1 telur bebek, maka untuk segi bahan baku dapat diganti dengan 1 telur bebek. Telur bebek mengandung 130 Kalori, cukup tinggi bila dibandingkan dengan kalori sebuah telur ayam yang berukuran besar yakni 80 kalori. Satu telur bebek mengandung 205% kebutuhan gizi harian untuk kolesterol, dan 18% kebutuhan gizi harian protein. Setiap 100 gram telur bebek mengandung vitamin B6, B12, dan A yang jumlahnya sama seperti telur ayam. Cara penyajian untuk telur bebek tidak jauh beda dengan telur ayam yaitu digoreng, direbus, dan diawetkan dengan metode pengasinan. Dan tidak jarang juga telur bebek dicampur dengan jamu untuk kesehatan.

4. Telur Puyuh
Telur burung puyuh termasuk yang paling unik dari segi bentuk, dibandingkan dengan jenis telur lainnya. Selain bentuknya yang paling kecil, permukaan dari telur berbintik, dan cangkangnya sedikit sulit untuk dibuka jika dari beberapa sisi. Berlimpah vitamin dan juga kandungan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh. Berat telur puyuh kira kira 10 gram nilai biologinya 3-4 kali lebih tinggi dari telur ayam. Mengandung 13% protein, 140 µg vitamin B1, serta vitamin A dan B2 yang jumlahnya 2 kali lebih banyak dari telur ayam. Kandungan Iron dan Potasiumnya juga 5 kali lebih banyak dari telur ayam. Meski lebih kecil dari ukuran, ternyata telur puyuh juga tidak kalah jika dilihat dari kandungan gizi nya. Cara penyajian telur puyuh sama dengan jenis telur lainnya yaitu dengan cara direbus, digoreng, dan dipanggang. Tidak sedikit juga sekarang ini banyak yang memulai usaha baru dengan komoditi telur puyuh, untuk dibikin kue, atau untuk tambahan menu makanan. Karena peminat telur puyuh juga banyak di beberapa kalangan masyarakat. Selain itu anda tidak akan cukup hanya dengan memakan satu butir telur puyuh saja, karena memang rasanya yang unik dan juga bentuknya yang kecil. Memungkinkan untuk memakan telur puyuh dalam jumlah yang banyak pula. Jenis telur puyuh ini juga tidak sulit untuk dibudidayakan, karena permintaan pasar akan telur puyuh juga selalu meningkat setiap tahunnya.

5. Telur Angsa
Telur angsa ukurannya lebih besar dari telur bebek, dengan ciri khas berwarna putih bersih dengan rasa yang lebih unik dibandingkan dengan rasa dari telur ayam. Telur angsa yang di rebus akan memiliki 20 gram protein, besi dan juga vitamin A. Kandungan kolesterol telur angsa sekitar 1227 mg, memenuhi 409% kebutuhan gizi harian untuk kolesterol. Meski tidak semua pasar lokal menyediakan jenis telur angsa ini, tetapi masih tidak begitu sulit untuk mendapatkan telur jenis ini karena masih banyak juga yang membudidayakannya untuk dijual di pasaran. Harga dari telur angsa jauh lebih mahal dibandingkan dengan telur bebek karena dari proses budidaya yang juga biaya tinggi, serta waktu dari panen yang tidak secepat dari telur ayam. Di Indonesia sendiri, telur angsa lebih banyak dimanfaatkan cangkangnya untuk dibuat kerajinan. Cara penyajian telur angsa lebih banyak direbus, dibuat omelet, dan juga cocok untuk membuat puding, sebagai lauk atau bahan tambahan pada nasi goreng. Tidak menutup kemungkinan juga jika anda menginginkan untuk memulai bisnis dengan komoditi telur angsa, karena memang harga jual dari telur angsa yang cukup tinggi. Meski tidak dijadikan kebutuhan utama untuk telur angsa sendiri, tetapi tidak sedikit juga peminat telur jenis ini untuk lauk pauk dan juga bahan tambahan dari menu makanan. Untuk rumah makan dan juga hotel yang merupakan lingkup pasar tinggi yang membutuhkan telur dari angsa.

            Bagaimana untuk kandungan gizi dari telur serta manfaat telur bagi tubuh? Dibawah ini akan dijelaskan dengan sederhana mengenai hal tersebut. Telur adalah bahan makanan yang sering disebut dengan padat gizi, antara lain 90% kalsium, mineral, zat besi yang terdapat di dalam kuning telur dan asam amino yang terdapat pada putih telur. Telur juga mengandung vitamin A, vitamin B6, dan vitamin B16. Dan khusus pada kuning telur, mengandung vitamin A, vitamin D, dan vitamin E yang baik untuk perawatan kulit. Dikarenakan kandungan yang bermacam macam tersebut, telur harus dianggap sebagai makanan super dilihat dari paling padat nutrisi nya. Tidak diherankan lagi jika telur mempunyai banyak manfaat yang bagus untuk tubuh dari segi kandungan gizinya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa mengkonsumsi telur akan sangat baik untuk anda.

1. Kandungan vitamin
Anda akan memperoleh vitamin banyak. Karena satu telur kecil dapat mengandung beberapa vitamin yang penting seperti vitamin B2 yang sangat dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, lalu vitamin A yang sangat bagus untuk penglihatan, vitamin D untuk kesehatan gigi serta tulang, lalu vitamin E yang akan bertempur melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan sel dan juga dapat menyebabkan kanker. Sehingga dapat di netralisir dengan cara mengkonsumsi telur. Untuk vitamin A dan juga vitamin B12 juga penting untuk pertumbuhan balita khususnya pada kandungan telur ayam.

2. Protein rendah kalori
Satu buah telur mengandung 70 – 85 kalori dan sekitar 6.5 gram protein. Ini berarti tiga buah telur menyediakan 19.5 gram protein. Rata-rata wanita membutuhkan sekitar 50 gram per hari. Kebutuhan protein sebenarnya tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitas, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan jumlah protein yang sesuai. Sumber: https://pulauherbal.com/jurnal/369-kandungan-nutrisi-dalam-telur.html

3. Menjaga kehamilan
Kandungan kolin yang terdapat pada telur ayam memiliki manfaat untuk menjaga kondisi kehamilan seseorang. Selain memberikan kontribusi untuk perkembangan otak janin, juga dapat membantu mencegah cacar lahir. Selain itu kolin bermanfaat untuk perkembangan jaringan sel yang sehat. Maka akan sangat direkomendasikan bagi wanita hamil dan juga ibu menyusui untuk mengkonsumsi telur ayam kurang lebih satu butir setiap hari nya.

4. Membantu menurunkan berat badan
Telur mengandung protein sangat tinggi, hal ini akan membuat anda merasa lebih kenyang setelah mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan menu yang sehat, anda dapat mencoba mengkombinasikan telur, gandum utuh, dan sayuran sebagai menu makanan harian anda. Hal ini dapat membantu memberikan energi yang cukup untuk melakukan beragam aktivitas sehari-hari. Menu ini cukup populer bagi orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Dengan kandungan berbagai nutrisinya yang sangat melimpah, tentu saja kita masih bisa mendapatkan banyak manfaat penting lainnya dari telur. Telur mengandung Vitamin A, B-kompleks, dan juga selenium yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan (kekebalan) tubuh. Sumber protein tinggi dalam telur, selain bermanfaat membantu menurunkan berat badan,ternyata juga sangat baik dalam pembentukan jaringan otot tubuh. Selain itu, berbagai nutrisi penting vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya akan memberikan kontribusi baik dalam menjaga kesehatan dari luar termasuk meningkatkan kesehatan kulit, serta mencegah kerusakan jaringan dalam tubuh. Memiliki sistem imun (kekebalan tubuh) yang kuat pastinya akan membantu meningkatkan penampilan dan performa tubuh secara keseluruhan. Sumber : http://sehatbugarbersama.com/kandungan-gizi-lengkap-dan-manfaat-telur-bagi-kesehatan/

Lalu setelah mengetahui kandungan gizi dan vitamin dari telur, juga mengetahui tentang jenis jenis dasar dari telur, bagaimanakah untuk memulai bisnis usaha dengan komoditi telur?. Ada dapat dengan cara membudidayakan telur dengan cara mengembang biakkan unggas seperti ayam, bebek, atau puyuh. Termasuk dari salah satu bidang peternakan, tetapi anda lebih fokus ke pengolahan telur daripada perawatan untuk unggasnya sendiri. Telur juga akan berkualitas tinggi jika unggas yang di rawat juga sesuai dengan prosedur kesehatan ternak, sehingga anda juga harus memperhatikan untuk proses perawatan unggasnya. Atau dapat juga digunakan untuk usaha dengan memfokuskan ke unggas yang anda ternak, dengan cara pengolahan telur atau perawatan telur yang maksimal sehingga akan menetaskan ayam yang sehat dan juga dapat terus beregenerasi dengan cepat. Atau dapat juga anda memulai bisnis dengan cara mencari mitra bisnis penjual telur unggas seperti telur ayam atau telur bebek, lalu anda sebagai pemasok ke pasar lokal atau untuk daerah anda. Telur yang bersih juga akan mendapatkan nilai plus untuk konsumen, karena untuk pasar dengan tingkat yang lebih atas daripada pasar lokal, akan juga memperhatikan kebersihan dari telur dan juga kualitas dari telur itu sendiri. Toko mesin solusindo menyediakan beberapa mesin khusus untuk pengolahan telur, dari pengolahan untuk penetasan telur, sampai dengan mesin khusus untuk membersihkan telur setelah proses panen ternak dilakukan. Akan dapat menjadi referensi untuk anda yang akan memulai bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) dan mesin apakah yang cocok untuk memulai usaha baru anda. Dibawah ini adalah beberapa mesin mesin lokal dan juga mesin import khusus untuk pengolahan telur dengan beberapa cara pengolahan, dan dijelaskan secara sederhana untuk spesifikasi dan juga fungsi mesinnya.

1. Mesin pencuci telur atau Mesin pembersih telur
Mesin selanjutnya untuk anda yang ingin memulai usaha di bidang pengolahan telur adalah mesin pencuci telur. Dengan sistem praktis dan juga cepat, anda dapat menggunakan mesin ini untuk membersihkan telur hasil panen anda sehingga telur yang akan di jual di pasaran akan bersih dan juga higienis, sehingga akan meningkatkan kualitas telur yang akan anda jual. Telur yang biasa digunakan pada mesin ini seperti telur entok, telur ayam negeri, telur ayam kampung, telur bebek, dan juga telur jenis lainnya. Khususnya mesin pencuci telur ini akan membersihkan telur hasil panen anda dari sisa sisa kotoran unggas yang masih menempel di bagian telur nya. Mesin ini dapat mencuci sekaligus banyak butir per proses nya, sehingga akan memudahkan untuk anda yang mengolah butir telur dengan jumlah banyak. Cara menggunakan pencuci telur ini sangat sederhana sehingga sangat mudah bagi pemula dalam pengoperasian nya. Dengan langsung memproses puluhan telur, tentunya akan membantu anda dalam pengolahan telur, khususnya anda yang mempunyai bisnis di bidang pengolahan telur seperti kuliner, produksi kue, atau langsung menjual telur ayam negeri atau jenis telur lainnya.Untuk permintaan dari wadah penampungan bahan dapat dilakukan, menyesuaikan dengan telur yang akan diolah oleh pemilik mesin. Di bawah ini terdapat gambar dari mesin, dan juga akan di jelaskan secara singkat mengenai spesifikasi mesin pencuci telur.

mesin-pencuci-telur-50-butir


Alat pencuci telur dengan body mesin dari stainless steel sehingga akan sangat aman untuk produk telur yang anda cuci. Lalu terdapat drainase yang akan memudahkan anda untuk membuang dari air yang telah digunakan untuk mencuci telur. Dengan sikat khusus untuk telur yang akan di cuci, sehingga telur akan benar benar bersih dan dapat langsung anda rapi kan untuk di jual di pasaran. Penggerak alat pencuci telur menggunakan dynamo listrik dan juga gearbox sehingga akan memproses pencucian secara berkala sampai telur benar benar bersih. Sikat dengan sistem berputar serta bantuan air yang mengalir untuk proses membersihkan telurnya. Langkah langkah untuk menggunakan mesin, dengan cara menaruh telur ke tempat penampungan bahan, sampai penuh, lalu mesin pun dapat dinyalakan. Sikat pada bagian atas mesin akan membersihkan telur, dan pencuci telur akan berputar secara otomatis untuk membersihkan telur di beberapa bagiannya , dan juga terdapat penyemprot air untuk lebih memastikan telur benar benar bersih seluruh bagian. Untuk proses mesin yang maksimal, jangan lupa untuk memproses bahan baku selama dua kali, karena untuk memastikan bagian bawah dari telur juga telah dibersihkan atau belum sepenuhnya bersih. Sehingga anda akan mendapatkan telur bersih di seluruh bagiannya. Alat pencuci telur tersedia dalam beberapa kapasitas produksi dilihat dari telur yang dapat langsung di cuci pada mesin. Dari kapasitas 50 butir, kapasitas 100 butir, sampai dengan kapasitas besar khusus permintaan pembeli. Cocok untuk anda yang mempunyai bisnis di bidang pengolahan telur untuk rumah makan, hotel, depot, bakery, produksi kue, ataupun pengolahan telur untuk langsung di jual di pasaran.

2. Mesin Pengkukus Telur Alat Produksi Telur Matang
Mesin selanjutnya untuk proses pengolahan telur adalah Mesin pengkukus telur . Khusus untuk anda yang mempunyai bisnis di bidang produksi telur, mesin ini akan cocok untuk proses pengolahan telur anda. Dengan fungsi yaitu mengkukus telur dengan suhu yang dapat diatur, sehingga proses pengkukusan telur pun akan lebih optimal. Mesin pengkukus telur kami adalah mesin lokal produksi bengkel dari Toko mesin solusindo yang sudah teruji mutu dan juga kualitas mesinnya, sudah digunakan oleh beberapa pengusaha telur untuk usaha kuliernya. Dengan sistem pengkukusan langsung dari penguapan air dan dekat dengan perapian atau burner, sehingga proses kukus telur pun akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan kinerja mesin lainnya. Suhu dalam mesin pun dapat diatur, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk produk telur yang diolah di dalam mesin, karena tidak akan sampai terlalu matang atau bahkan sampai gosong. Dengan kapasitas penampungan bahan yang besar, anda dapat langsung mengkukus telur dalam jumlah banyak sekali proses nya, sehingga akan jauh mempersingkat waktu untuk telur yang akan diolah untuk menu makanan. Sangat cocok diaplikasikan di restoran, rumah makan, depot, hotel, atau untuk produksi menu makanan anda dengan sajian telur sebagai hidangan utamanya. Daya listrik yang rendah juga menjadi salah satu kelebihan dari mesin pengkukus telur ini, sehingga anda akan lebih menghemat biaya produksi. Untuk kebutuhan anda dalam produksi kukus telur, kami menyediakan beberapa macam kapasitas produksi dibedakan dari jumlah rak yang tersedia untuk tempat penampungan bahan. Dimuali dari skala kecil untuk home industri sampai dengan skala besar untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Di bawah ini merupakan foto dari mesin pengkukus telur dan juga keterangan sederhana mengenai mesin.

mesin-pengukus-telur-ayam

Mesin dengan fungsi untuk mengkukus dengan langsung dekat dengan proses penguapan air dan juga burner, akan membuat proses kukus telur lebih cepat dan juga cara yang lebih praktis. Anda hanya tinggal memasukkan telur dan ditata rapi di rak mesin, lalu air pun diisi di bagian wadah dari atas burner. Setelah semua siap, proses pengkukusan pun dapat langsung dilakukan. Alat pengukus telor ini dilengkapi dengan beberapa fitur untuk menambah kinerja mesin dan untuk hasil pengukusan yang optimal, seperti thermo analog suhu, untuk proses cek suhu dan juga kontrol suhu sehingga suhu dalam mesin saat proses pengukusan tidak akan sampai melebihi setting mesin yang ada. Alat pengukus telor ini dengan body mesin yang terbuat dari stainless steel sehingga akan sangat aman untuk bahan baku seperti telur, karena memang bahan ini anti karat dan juga akan awet dalam jangka waktu yang lama. Rak dapat dengan mudah dilepas dan dimasukkan kembali, sehingga akan mempermudah anda untuk mencuci rak mesin saat setelah mesin digunakan. Panel listrik di bagian kiri mesin sehingga akan lebih aman untuk kelistrikan nya dan juga lebih mudah untuk anda jika ingin melihat suhu dalam mesin atau untuk cek kelistrikan mesin. Alat pengukus telor terlaris adalah kapasitas 4 rak dan juga 6 rak, atau anda dapat memesan dengan permintaan khusus dengan jumlah rak yang lebih banyak , sehingga proses produksi pun dapat menampung lebih banyak bahan. Untuk kelengkapan seperti kompor dan juga regulator, panel listrik dan yang lain sudah di cek terlebih dahulu sebelum dikirim ke pengguna mesin, sehingga pengguna dapat langsung menggunakan mesin begitu tiba di alamat tujuan.
3. Oven telur asin atau mesin produksi telur asin
Mesin selanjutnya untuk pengolahan bahan baku telur adalah oven telur asin. Oven ini merupakan teknologi inovasi dari Toko mesin solusindo yang berfungsi untuk produksi telur asin dengan cara cepat dan juga praktis. Hasil sama dengan proses tradisional dalam pengasunan telor, tetapi dengan perbedaan untuk waktu prosesnya. Akan lebih singkat dan hasil dari rasa asin pun akan meresap ke dalam telur secara optimal. Mesin ini termasuk mesin lokal dari bengkel kami, dan sudah digunakan oleh pengusaha telur asin di Indonesia. Dengan kapasitas produksi dilihat dari jumlah rak yang ada di dalam mesin, sehingga anda dapat langsung memproses banyak telur di satu waktu saja, tentu akan mempercepat proses produksi telur asin anda, khususnya anda yang mempunyai usaha di bidang penjualan telur asin. Oven telur asin merupakan salah satu mesin dari paket mesin pengolah telur, sehingga anda dapat membeli langsung dengan satu paket mesinnya, atau dengan pesanan hanya mesin oven ini saja. Di bawah ini adalah gambar mesin dan juga keterangan sederhana mengenai oven telur asin.

mesin-pembuat-telur-asin

Mesin produksi telur asin dengan body mesin terbuat dari stainless steel untuk menjaga kebersihan dari produk telur karena anti karat dan juga awet dalam jangka waktu yang lama. Dengan sistem heater untuk proses produksi telur asin seperti proses pengasian tradisional. Tersedia kontrol suhu untuk cek suhu saat proses mesin sedang dijalankan. Untuk gambar diatas adalah mesin produksi telur asin dengan kapasitas 6 rak, sehingga anda dapat menata rapi telur yang akan diproduksi menjadi telor asin, dan tentu dengan waktu yang lebih cepat dari pada cara pengasinan tradisional, anda sudah bisa memproduksi telor asin. Sangat cocok untuk referensi usaha baru anda untuk pengolahan telor.

Toko mesin solusindo menyediakan mesin mesin untuk pengolahan telur dengan mesin lokal yang akan mengolah telur anda dengan maksimal. Kami akan terus ber inovasi untuk mesin serbaguna yang digunakan untuk mengolah telur untuk bidang peternakan, dan juga untuk produksi telur yang akan di jual di pasaran. Sudah banyak yang menggunakan mesin pengolahan telur kami untuk memajukan usaha, dan tentu mesin mesin yang kami kirim dan kami jual adalah mesin lokal yang sudah di uji untuk fungsi mesin dan juga mutu dari mesin kami. Anda dapat melakukan trial mesin pengolahan telur di tempat kami dengan tanpa biaya, yang tentu akan memastikan apakah mesin kami benar benar maksimal untuk pengolahan telur anda. Harga yang terjangkau juga akan menjadi referensi untuk anda yang membutuhkan mesin pengolahan telur dengan harga yang sesuai dengan modal, yang tentu tetap dengan kualitas mesin yang bagus. Untuk lain waktu akan kami jelaskan lagi mengenai mesin pengolahan telur lain yang kami produksi, dengan terus ber inovasi untuk memudahkan bisnis anda dalam pengolahan telur unggas. Kami menyediakan spare part untuk mesin mesin yang kami jual khususnya untuk mesin pengolahan telur, dan tentu mesin yang kami jual semua bergaransi. Untuk spare part mesin pencuci telur ini juga sangat mudah didapat karena semua bahan untuk pembuatan mesin pencuci telur ataupun mesin pengeram telur ini menggunakan bahan – bahan dalam negeri dan anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan suku cadang nya apabila terjadi penggantian spare part dikemudian hari. Jika anda mengalami kendala atau pun kesulitan untuk mengoperasikan mesin pengolahan telur, tentu kami akan selalu siap untuk menangani masalah mesin anda.

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Cara Tepat Mengolah Telur Dengan Mesin Telur Serbaguna. Dimulai dari pembahasan mengenai pengertian pengolahan telur dengan sederhana, dan juga mengapa pengolahan telur diminati oleh masyarakat dan melihat peluang berdasarkan minat produksi dan penjualan pengolahan telur di masyarakat. Pembahasan akhir sedikit membahas tentang mesin mesin yang berhubugan dengan lancarnya pengolahan pengolahan telur untuk dijadikan peluang usaha baru dengan cara praktis, begitu pula dengan mesin mesin pendukung lain untuk melancarkan proses produksi pengolahan telur. Berbagi ilmu dan juga peluang bisnis tentunya menjadi tugas kami untuk membuka referensi anda mengenai peluang usaha yang dapat anda tekuni, terutama di bahasan ini dalam bidang produksi pupuk organik, dengan bentuk pupuk granul atau pupuk dengan bentuk biji kecil. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas mesin pengolahan makanan dan juga minuman, mesin buatan lokal untuk beberapa kebutuhan produksi, mesin import untuk mesin mesin khusus makanan, minuman dan mesin pendingin, serta masih banyak lagi mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha yang anda mulai. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana atau modal awal anda. Untuk keterangan mesin mesin industry yang lebih lengkap, dengan spesialis mesin pengolahan pengolahan telur seperti mesin ice flake, mesin ice scaler, mesin ice tube, mesin ice cube, dan juga masih banyak jenis mesin es lainnya dapat anda kunjungi di website utama kami di www.tokomesinsolusindo.co.id

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif. 

Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).


Posting Komentar

0 Komentar