Advertisement









PENGOLAHAN SAYUR UNTUK BISNIS USAHA KECIL MENENGAH




 PENGOLAHAN SAYUR SAYURAN UNTUK BISNIS USAHA KECIL MENENGAH

pengolahan-sayur-peluang-usaha-baru


Pada usaha kecil menengah yang sudah banyak dilakukan untuk salah satu penggerak perekonomian negara kita, atau sering disebut dengan usaha mikro, kecil dan menengah merupakan tulang punggung dari perekonomian di Indonesia. Dapat disingkat dengan bisnis UKM (usaha kecil menengah) di Indonesia akan dapat terus berkembang dan akan terus memberikan peluang bagi mereka yang ingin berwirausaha dan ingin berkarya untuk kemajuan ekonomi nya. Sangat banyak sekali untuk bahan yang dapat diolah untuk menjadi usaha baru, tetapi juga tergantung bagaimana anda bisa melihat dan mengambil peluang yang ada, sehingga akan memaksimalkan bahan yang akan anda gunakan, sehingga menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Salah satu contoh untuk bahan baku yang masih tidak banyak orang memilih untuk dijadikan komoditi usaha adalah sayur sayuran. Padahal jika dilihat secara detail, dari segi minat konsumen dan juga apa saja yang dapat diproduksi, akan sangat bervariasi, dan tentu akan membuka peluang besar bagi anda yang akan memulai usaha baru. Mungkin hal yang anda ketahui mengenai sayur sayuran hanya sebagai kebutuhan pokok untuk dimasak, dan juga untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Tetapi tidak hanya itu, jika kita dapat mengemas dan memproduksi nya dengan baik, sebagai produk baru yang bahkan orang lain masih belum banyak mengetahui tentang produk tersebut, maka akan menjadi keuntungan besar bagi anda karena anda dapat menjadi pencetus usaha baru yang berhubungan dengan sayur sayuran. Jenis dari sayur sendiri sangatlah banyak. Anda tentu juga mengetahui tidak sedikit juga jenis sayuran yang sudah sering digunakan untuk menjadi bahan baku produk, yang sudah laris di pasaran. Tentu jika anda melihat peluang ini dan anda coba untuk memulainya, tentu anda dapat mengeksplore dan juga mencari tahu bagaimana untuk merangkul pasar, dan juga membuat produk sayuran yang masih sedikit pengusaha untuk memilihnya sebagai komoditi utama. Sebelum membahas lebih dalam untuk usaha yang berhubungan dengan sayuran, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang sayuran itu sendiri. Dari pengertian sayur sayuran, jenis sayuran, dan juga hal hal apa saja yang harus diperhatikan untuk pengolahan sayur sayuran, yang tentu dapat dipertimbangkan untuk proses pengolahannya. Karena sayuran setara dengan buah buahan yang dapat bermanfaat sekali bagi tubuh, karena kandungan gizi dan juga manfaat yang tinggi untuk tubuh, dan cara pengolahannya pun tidak sembarangan. Dari cara mencucinya, memotongnya, membersihkannya sebelum dijadikan produk baru, juga pengemasannya. Karena konsumen tentu akan lebih memilih produk yang lebih banyak manfaat di dalam kandungannya, dan juga kualitas produk dilihat dari kebersihan produk saat disajikan, ataupun kemasan yang digunakan. Kejelian seperti itu tentu harus menjadi perhatian utama anda sebelum memulai usaha, karena memang kualitas produk yang akan dibuat akan mempengaruhi daya beli masyarakat pula. Dibawah ini adalah pengertian sayur secara umum.

Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air yang tinggi dan juga dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Memang untuk proses konsumsi yang paling sering adalah sayur dengan bentuk asalnya dan langsung dikonsumsi setelah dicuci, karena memang untuk manfaat juga sangat bagus bagi tubuh. Sebutan untuk ber aneka jenis sayuran disebut sebagai sayur mayur atau sayur sayuran. Sejumlah sayuran lebih suka dan lebih sering dikonsumsi dalam kondisi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan berbagai cara, seperti dengan cara direbus, ada yang dikukus, di goreng, atau bahkan ada dengan proses sangrai atau penggorengan tanpa minyak. Ada juga sayuran yang berbentuk daun dan dapat langsung dikonsumsi juga beragam untuk jenisnya, disebut dengan lalapan. Sayur merupakan komponen utama, bahkan untuk beberapa menu masakan dan komponen pendamping seperti nasi dan juga makanan pokok lainnya, yang berkuah cair ataupun yang agak kental. Sayuran adalah segala sesuatu yang berasal dari tumbuhan yang dapat di sayur, atau dengan penjelasan lain yaitu sesuatu yang dapat atau layak untuk disayur. Jika dimakan secara langsung secara segar, bagian tumbuhan seperti itu disebut lalapan. Untuk istilah dari sayuran sendiri tidak diberi batasan secara ilmiah, karena kebanyakan sayuran adalah bagian vegetative dari tumbuhan, yang lebih umum adalah daun yang juga disajikan dengan tangkainya, tetapi ada pula yang berbentuk batang yang masih muda misalnya rebung atau bonggol umbi. Untuk beberapa sayuran ada yang bagian tumbuhannya tertutup tanah, semisal wortel, lobak dan juga beberapa umbi umbian. Terdapat juga sayuran yang berasal dari organ generative seperti bunga semisal bunga turi ataupun bunga kecombrang. Buah yang juga tergolong sayur seperti (ketimun, terong, dan juga tomat) dan juga biji bijian seperti buncis, kacang merah, dan juga kacang panjang. Ada juga bagian tumbuhan lainnya yang dianggap juga sebagai sayuran seperti tongkol jagung, meskipun anda agak kesusahan mengolah dikarenakan bentuknya yang besar. Meskipun secara ilmiah bukan tumbuhan, tetapi bagi para cendawan yang dapat dimakan atau biasa disebut jamur, juga digolongkan menjadi sayuran. Walaupun berkadar air tinggi, buah-buahan tidak dianggap sebagai sayur-sayuran karena langsung dikonsumsi, biasanya rasanya manis dan tidak cocok untuk disayur. Beberapa sayuran dapat pula menjadi bagian dari sumber pengobatan, bumbu masak, atau rempah-rempah. Dilihat dari beberapa produk yang dapat dihasilkan dari sayur sayuran, tentu akan dapat dengan mudah menjadikan peluang usaha untuk anda karena memang produk produk tersebut juga akan sangat banyak peminatnya. Selain itu untuk pengolahan tersebut relative mudah, hanya saja anda harus teliti dan memiliki resep khusus agar menjadikan produk yang berkualitas.

Bagaimanakah untuk nutrisi dari sayur sayuran? Sayuran dikonsumsi dengan cara yang sangat bermacam macam, baik sebagai bagian dari menu utama ataupun sebagai makanan sampingan. Kandungan nutrisi yang dimiliki antara sayuran satu dengan yang lain pun akan berbeda beda, meskipun pada umumnya sayuran mengandung sedikit protein atau kemak, dengan jumlah vitamin, pro vitamin, mineral, fiber dan juga karbohidrat yang bermacam macam. Adapun kandungan lain yang dimiliki sayuran, dengan beberapa jenis sayuran tertentu, yang memiliki kandungan zat antioksidan, anti bakteri, anti jamur, ataupun zat anti racun. Tetapi meski mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, ternyata ada juga sayuran yang malah mengandung racun, dan bahkan berbahaya bagi tubuh. Kandungan racun dan juga anti nutrisi seperti α-solanin, α-chaconine, enzim inhibitor (dari cholinesterase, protease, amilase, dsb), sianida dan sianida prekursor, asam oksalat, dan tentu masih banyak lagi kandungan racun ataupun anti nutrisi lainnya. Ternyata jika diteliti lagi, hal tersebut tergantung pada konsentrasi, senyawa tersebut dapat mengurangi sifat dapat dimakan seperti edibility dan palatability, nilai gizi, dan juga manfaat kesehatan dari diet sayuran. Memasak dan juga mengolah sayuran dapat mengurangi sejumlah zat zat yang disebutkan tadi. Karena suhu panas dari sayur yang direbus dalam air mendidih akan mematikan zat zat racun tersebut, dan juga jika sayur dicuci dengan bersih maka sejumlah zat tersebut ikut larut menghilang. Melakukan diet dengan mengonsumsi jumlah sayuran dan buah buahan yang cukup dapat menurunkan resiko untuk timbulnya penyakit jantung dan diabetes sampai dengan tahap 2. Dengan diet cara mengkonsumsi sayur dan juga buah ini pula, dapat membantu melawan kanker dan mengurangi keropos pada bagian tulang. Selain itu, dengan kita mengonsumsi zat potasium yang akan banyak anda ditemui pada buah dan juga sayur mayur akan membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. Hal ini tentu akan benar benar dibutuhkan oleh manusia, karena memang sayur mayur merupakan salah satu dari empat sehat lima sempurna yang harus dicukupi oleh tubuh manusia dari waktu ke waktu. Untuk mendapatkan sayur sayuran pun sangatlah mudah, karena di setiap pasar lokal pun akan anda temui segala jenis dari sayuran yang dapat anda konsumsi secara langsung, ataupun melalui olahan terlebih dahulu. 

Sayur mayur atau sayur sayuran mudah sekali dikenali karena warnanya yang kurang lebih hijau cerah ataupun hijau tua. Dikarenakan memang dari tumbuhan yang termasuk banyak dedaunannya. Darimanakah asal dari warna hijau tersebut? Warna hijau yang ada pada daun sayuran berasal dari pigmen klorofil atau disebut dengan zat hijau daun. Klorofil ini di pengaruhi oleh pH atau tingkat keasaman dan berubah warna menjadi hijau olive dalam kondisi asam, dan berubah menjadi hijau cerah dalam kondisi basa. Sejumlah asam tadi dikeluarkan dari batang sayuran dalam proses memasak, khususnya bila dimasak tanpa penutup atau dengan udara terbuka. Apakah warna sayur mayur semuanya adalah hijau? Tentu saja tidak. Ada pula warna kuning atau oranye yang ada pada buah buahan berasal dari zat yang bernama karotenoid. Di mana zat berwarna kuning ini juga dipengaruhi oleh proses memasak yang normal atau perubahan pH atau zat asam. Sedangkan warna merah atau biru yang ada pada beberapa buah dan sayuran (contoh: kubis merah) adalah karena zat anthocyanin, yang mana zat ini sensitif terhadap perubahan pH atau zat asam. Ketika pH atau zat asam dalam keadaan netral, pigmen akan cenderung berwarna ungu, sedangkan ketika terdapat asam, berubah menjadi merah, dan jika dalam kondisi basa, akan berubah menjadi biru. Pigmen yang dibahas ini sangat larut dalam air. Sehingga proses perubahan warna akan sering anda temui saat anda memasak sayur atau buah tersebut, atau anda rebut sendan suhu air yang tinggi. Apakah mempengaruhi kandungan dari sayur dan juga buah? Tentu saja tidak karena hal ini hanya mengenai pigmen atau zat warna yang ada pada sayuran ataupun buah buahan.

Dalam hal panen ataupun penanganan yang harus dilakukan untuk keselamatan dari produk sayur mayur yang akan anda olah. Untuk keamanan, CDC merekomendasikan penanganan buah buahan yang tepat untuk mengurangi risiko kontaminasi makanan dan keracunan makanan. Buah buahan segar dan sayuran harus dipilih dengan sangat hati hati karena juga hal tersebut diperlukan untuk mendapatkan khasiat dari sayur yang maksimal. Di toko, sayur dan buah tidak boleh rusak atau memar, dan sayuran pra potong potong harus di dinginkan atau dikelilingi oleh es batu. Semua buah buahan dan sayuran harus dicuci sebelum makan. Semua itu harus dilakukan dengan tepat sebelum dimasak atau dimakan untuk menghindari dampak negatif seperti adanya kandungan zat racun ataupun anti nutrisi seperti yang dibahas sebelumnya. Buah dan juga sayuran harus disimpan terpisah dari produk makanan lainnya khususnya kondisi mentah seperti daging, unggas, makanan dari laut, serta peralatan memasak apapun yang ada di dapur, atau permukaan yang mungkin bersentuhan dengan bahan makanan tersebut seperti talenan ataupun pisau. Buah dan sayuran, jika tidak dalam kondisi dimasak, harus dibuang jika telah menyentuh barang barang tersebut seperti daging kondisi mentah, daging unggas, makanan dari laut, telur, dan juga barang lain yang telah kontak dengan barang tersebut. Semua sayuran yang telah selesai dipotong, dikupas, ataupun buah dan sayur yang telah dimasak harus didinginkan terlebih dahulu dalam waktu kurang lebih dua jam. Setelah waktu tertentu, bakteri berbahaya seperti jika sayuran ditaruh diluar tanpa tempat penyimpanan yang bersih, tentu akan meningkatkan resiko keracunan makanan. Sayur ataupun buah benar benar harus dipantau untuk tempat penyimpanan dan juga tempat membersihkannya karena tidak boleh sembarangan. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sayuran

Dengan majunya teknologi di masa sekarang ini, untuk pengolahan sayur mayur sendiri sudah pada tahap yang tinggi dengan adanya hidroponik. Hidroponik adalah  budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. Hasil panen sayuran dari hidroponik tidak kalah daripada dengan menanam sayuran pada umumnya. Dalam kajian bahasa, hidroponik berasal dari kata hydro yang berarti air dan ponos yang berarti kerja. Jadi, hidroponik memiliki pengertian secara bebas teknik bercocok tanam dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, atau dalam pengertian sehari hari bercocok tanam tanpa menggunakan tanah. Dari pengertian ini terlihat bahwa munculnya teknik bertanam secara hidroponik diawali oleh semakin tingginya perhatian manusia akan pentingnya kebutuhan pupuk bagi tanaman. Di mana pun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap dapat tumbuh dengan baik apabila nutrisi atau unsur hara yang dibutuhkan selalu tercukupi. Dalam konteks ini fungsi dari tanah adalah untuk penyangga tanaman dan air yang ada merupakan pelarut nutrisi, untuk kemudian bisa diserap tanaman. Pola pikir inilah yang akhirnya melahirkan teknik bertanam dengan hidroponik, di mana yang ditekankan adalah pemenuhan kebutuhan nutrisi. Selain untuk budidaya sayuran, juga dapat digunakan untuk peluang usaha baru anda yang membutuhkan sayuran untuk bahan baku atau komoditi usaha utama anda dengan meminimalkan anggaran untuk penanaman sayur sehingga untuk proses produksi dari bahan baku sayuran pun akan lebih tertata. Apakah keuntungan tumbuhan berupa sayuran jika ditanam dengan cara hidroponik? Sangat banyak. Yaitu yang paling utama adalah tanaman hidroponik tidak membutuhkan tanah untuk menanam. Lalu air akan terus bersirkulasi di dalam sistem dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya, misalkan untuk dijadikan akuarium. Lalu lebih related untuk tidak menghasilkan polusi nutrisi ke lingkungan jika dibandingkan dengan cara tradisional. Pengendalian nutrisi pada tanaman hidroponik lebih sederhana, sehingga nutrisi akan dapat diberikan secara lebih efektif dan juga efisien pada tanaman yang ditanam. Sayuran akan dapat dipanen lebih banyak, dan tentu hasil yang didapat akan lebih banyak pula. Lebih mudah dalam memanen hasil, karena memang tempat per sayuran berbeda beda. Akan lebih bersih dan lebih steril, karena hama lebih sedikit. Media tanam dengan cara hidroponik dapat digunakan berulang kali. Hama akan lebih sedikit dikarenakan tempat khusus hidroponik yang berada di atas permukaan tanah. Tanaman akan tumbuh lebih cepat daripada cara tradisional. Untuk keperluan hiasan, pot dan tanaman akan relatif lebih bersih. Sehingga untuk merancang interior ruangan dalam rumah akan bisa lebih leluasa dalam menempatkan pot-pot hidroponik. Bila tanaman yang digunakan adalah tanaman bunga, untuk bunga tertentu bisa diatur warna yang dikehendaki, tergantung tingkat keasaman dan basa larutan yang dipakai dalam pelarut nutrisinya. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Hidroponik

Peluang bisnis untuk bahan baku sayur mayur sangatlah tinggi. Tentunya anda harus yakin untuk menapakkan langkah dalam memilih sayur mayur sebagai komoditi utama usaha, karena beberapa faktor yang akan menjamin keuntungan berlimpah jika anda jalani dengan benar. Di bawah ini adalah beberapa alasan khusus mengapa bisnis ukm pengolahan sayur mayur cukup menjanjikan. Pertama, bahan baku berupa sayur sayuran sangat berlimpah. Dan tentu akan membuat harga sangat murah, sehingga anda dengan modal awal usaha saja, tentu anda sanggup untuk menjadikan sayur mayur sebagai komoditi utama usaha anda. Proses pembuatan produk baru dengan menggunakan sayuran tergolong sangat mudah. Dengan beberapa mesin khusus produksi tentu akan lebih efisien untuk pengolahan bahan dan juga hasil dari produksi. Jika dari pengadaan bahan baku cepat, tentu proses produksi pun juga cepat, sehingga keuntungan juga akan diperolah dengan cepat pula. Sayur mayur disukai oleh semua kalangan, meski tidak semua jenis sayur yang gemar untuk langsung dikonsumsi, tetapi jika anda menjadikan produk baru dari sayur tersebut, tentu dapat menaikkan minat dari konsumen untuk mengkonsumsi salah satu jenis sayur yang tidak disukainya. Segmen pasar yang sangat luas, karena anda dapat menjual produk olahan sayur kepada semua kalangan masyarakat, karena juga berfungsi untuk meningkatkan minat masyarakat agar mengkonsumsi sayuran secara teratur. Anda pun dapat memasarkan produk anda ke pasar lokal, swalayan, toko makanan, ataupun supermarket. Anda dapat bervariasi untuk menciptakan produk baru, dikarenakan sangat banyak jenis sayuran yang dapat diolah, tetapi masih sedikit pengusaha yang bergelut di bidang pengolahan sayur untuk dijadikan produk baru. Maka dari itu akan menjadi peluang untuk anda yang ingin membuka usaha baru dengan cara pengolahan sayur sayuran. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kami menyediakan mesin mesin yang akan memudahkan untuk pengolahan sayuran guna menjadi produk baru. Beberapa dibawah ini adalah mesin tersebut.

1. Mesin Keripik Sayur atau Mesin Vacuum Frying

Untuk mesin yang pertama adalah mesin keripik sayur dengan sistem penggorengan dengan wadah besar sehingga anda dapat memproduksi keripik sayur dengan cepat dan juga renyah maksimal. Mesin ini sering disebut dengan mesin vacuum frying karena sesuai dengan namanya, menggoreng dengan sistem vacuum sehingga sirkulasi udara saat proses penggorengan pun akan merata dan akan mempengaruhi bahan baku yang dimasak, sehingga akan memasak dengan proses yang sempurna. Sering digunakan untuk membuat keripik buah, mesin vacuum frying ini juga dapat digunakan untuk sayur mayur. Untuk anda yang ingin membuat usaha baru, tentunya anda dapat mencoba untuk menggoreng beberapa jenis sayur untuk dijadikan keripik. Seperti yang anda lihat, tidak sedikit orang yang menjual keripik sayur seperti keripik bayam, keripik kentang, keripik sawi, keripik wortel, keripik lobak, dan masih banyak lagi jenis keripik sayur lainnya. Proses pengolahannya pun mudah, anda tinggal memanaskan minyak yang ada di dalam wadah mesin, lalu masukkan sayuran yang sudah dipotong dan siap dengan ukuran keripiknya. Akan sangat cocok untuk usaha baru anda di bidang kuliner, khususnya untuk membuat keripik dari sayur. Tersedia kapasitas produksi mesin vacuum fring khusus untuk home industry atau skala rumahan. Dengan cara penggorengan yang mudah dan juga pengambilan hasil memasak keripik praktis, tentu akan lebih memudahkan anda dalam usaha produksi keripik sayur. Dibawah ini akan dijelaskan secara sederhana mengenai mesin dan juga foto mesin vacuum frying.
mesin-penggoreng-keripik-sayur

Mesin keripik sayur adalah mesin buatan lokal yang sudah teruji mutu dan kualitas mesinnya, sudah digunakan banyak pengusaha untuk memproduksi keripik sayurnya. Body mesin terbuat dari stainless steel sehingga akan aman digunakan untuk memproses bahan baku seperti buah ataupun sayur. Selain anti karat, stainless steel juga membuat mesin awet dan juga tahan lama. Burner terletak di bagian bawah yang akan langsung menyalurkan suhu panas ke wadah penampungan bahan. Mesin keripik sayur juga dilengkapi dengan pengatur suhu khusus sehingga anda dapat mengatur suhu panas yang akan digunakan untuk memasak bahan. Lama dari memasak keripik sayur dilihat dari kadar air yang dimiliki oleh bahan baku. Berbeda dengan buah yang memiliki kadar air tinggi, tentunya memasak keripik sayur akan lebih cepat dibandingkan dengan memasak keripik buah. Bak di bagian luar mesin digunakan untuk sirkulasi air, yang tentunya akan mengalirkan uap di dalam wadah memasak bahan, sehingga akan disalurkan ke air. Proses memasak dengan vacuum akan membuat penggorengan lebih cepat dan juga menjaga agar suhu panas dalam mesin sesuai dengan yang diatur sebelumnya. Tersedia dari kapasitas terendah yaitu 2 Kg bahan sampai dengan kapasitas khusus diatas 25 Kg bahan, yang tentunya dengan body mesin seluruhnya dari stainless steel. Dapat juga anda menambah fitur mesin yaitu kondensor yang berguna untuk mendinginkan proses mesin sehingga mesin dapat digunakan lebih banyak proses memasaknya dibandingkan dengan tidak memakai kondensor. Spare part mesin juga mudah untuk didapatkan, sehingga jika anda mengalami kendala saat memproses mesin, tentunya akan mudah untuk membetulkan dan juga memasang kembali spare part mesin sehingga mesin dapat langsung beroperasi kembali.

2. Mesin perajang serbaguna

Mesin selanjutnya adalah mesin khusus untuk pengirisan atau perajang sayur mayur, yang sangat cocok untuk anda yang membutuhkan proses pengirisan dengan hasil sama persis antara satu dengan yang lainnya, dan dengan waktu yang singkat. Dengan menggunakan mesin perajang serbaguna kami, anda dapat lebih menghemat waktu untuk proses pengirisan dan juga lebih efisien untuk tenaga dibandingkan dengan kinerja manual. Sering juga digunakan untuk buah, mesin perajang serbaguna ini dapat memotong secara cepat dan dengan bentuk irisan yang rapi antara hasil satu dan yang lainnya. Sangat cocok digunakan untuk mengiris kentang, singkong, dan juga umbi umbian sebelum anda memproduksi keripik dan digoreng. Untuk anda yang ingin memulai usaha keripik dari umbi umbian atau sayur mayur, dibutuhkan mesin perajang atau mesin pengiris ini untuk proses produksi cepat anda sehingga lebih efisien waktu dan juga tenaga yang dibutuhkan. Proses pengoperasian mesin pun mudah, anda hanya tinggal memasukkan bahan baku ke dalam mesin, lalu didorong sedikit dengan alat yang sudah disediakan sehingga akan lebih aman untuk proses pengolahan bahan baku nya. Mesin perajang serbaguna adalah mesin inovasi dengan fungsi optimal dan dengan harga yang terjangkau, khususnya anda yang memulai usaha dari awal untuk bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM). Selain untuk usaha keripik sayur mayur ataupun umbi, dapat juga digunakan untuk proses pemotongan cepat yang dibutuhkan jika bahan baku yang diiris atau dirajang dibutuhkan untuk proses memasak. Sehingga tidak perlu lagi dengan tenaga manual, cukup dengan diolah menggunakan mesin perajang serbaguna sehingga proses olahan lebih optimal. Dibawah ini adalah foto dari mesin dan juga keterangan sederhana mengenai spesifikasi mesin perajang.
mesin-pengiris-sayur-mayur

Perajang serbaguna adalah mesin lokal buatan pabrik mesin Toko mesin solusindo dengan body mesin yang terbuat dari stainless steel untuk menjaga olahan agar tetap bersih dan higienis, dari awal pengolahan sampai dengan mengambil bahan baku setelah diiris. Pisau yang digunakan untuk mengiris dengan cepat adalah pisau baja putih, sehingga hasil irisan akan optimal karena tajam dan juga cocok untuk mengiris sayur mayur ataupun umbi umbian. Perajang serbaguna menggunakan penggerak dynamo listrik sehingga perputaran dari pisau akan cepat, dan pisau dipasang dua sisi untuk hasil pengirisan yang lebih singkat. Untuk ketebalan irisan sendiri dapat di setting atau di atur sebelum mesin dijalankan, sehingga akan sesuai dengan kebutuhan usaha anda. Tersedia dengan beberapa tipe yang berbeda, tentunya dilihat dari kapasitas produksi yang dimiliki oleh mesin perajang. Dengan frame mesin yang kuat dan kokoh sehingga meski pisau bergerak dengan cepat untuk pengirisan bahan baku, tetapi mesin akan tetap tegak dan berjalan cepat untuk proses pengirisannya. Akan sangat membantu usaha anda khususnya pada pengirisan beberapa jenis sayur mayur dan juga umbi, untuk kebutuhan memasak ataupun untuk produksi keripik. 

3. Mesin ekstraktor atau Mesin juice extractor

Mesin pengolahan sayur mayur selanjutnya adalah juice extractor yang digunakan untuk memeras bahan baku guna mendapatkan sari alami dari sayur mayur yang diolah. Tentu anda tahu untuk juice dari sayur yang sangat banyak manfaatnya, dengan menggunakan mesin ekstraktor ini, anda akan mendapatkan jus sayur dengan sari alami tanpa campuran apapun, yang tentu dapat langsung  dikonsumsi. Selain buah, tentunya beberapa sayur juga digemari untuk dijadikan jus untuk kebugaran tubuh dan menjaga dari beberapa sumber penyakit. Kandungan vitamin dalam sayur pun menjadi incaran dari konsumen agar asupan vitamin pada tubuh selalu terpenuhi setiap saat. Tetapi tidak sembarangan pula dalam mengolah sayur mayur untuk dijadikan jus, karena dari proses pengolahan sendiri harus bersih dan higienis, sehingga manfaat penuh akan didapatkan saat anda mengkonsumsi jus sayur tersebut. Beberapa jenis sayur mayur yang dapat diolah menggunakan mesin ekstraktor ini seperti tomat, wortel, timun, lemon, bayam, dan masih banyak lagi untuk jenis sayur lainnya. Apakah kelebihan dari mesin ini dibandingkan dengan juicer biasa? Untuk hal ini dilihat dari ampas dari hasil pengolahan. Untuk juicer biasa, tentunya ampas akan dibuang karena memang tercampur dengan pengolahan jus, atau bahkan langsung dicampur dengan jus yang akan dikonsumsi. Berbeda dengan menggunakan mesin ekstraktor kami, karena antara jus hasil dari olahan dan ampas dari sayur akan terpisah. Sehingga untuk sisa ampas dari sayur dapat diolah kembali menjadi rempah rempah untuk masakan, ataupun untuk bumbu dapur. Tentu akan menjadi peluang baru bagi anda dalam pengolahan sayur mayur, karena selain mendapatkan sari dari sayur secara optimal, ampas dari pengolahan pun masih bisa diproses lagi untuk dijadikan produk lainnya. Dari bentuk dan beberapa tipe dari mesin ekstraktor sangatlah cocok untuk usaha skala rumahan atau home industry. Dibawah ini merupakan gambar dan juga penjelasan singkat mengenai mesin ekstraktor.
mesin-jus-ekstraktor-murah

Mesin juice extractor adalah mesin import yang sudah diuji mutu dan juga kualitasnya untuk mengolah buah dan juga sayur, untuk menghasilkan sari buah ataupun sari sayur dengan proses alami, dan memisahkan antara hasil olahan dengan ampas buah ataupun ampas sayur. Body mesin yang terbuat dari stainless steel serta pisau blender khusus yang akan mengolah dengan cepat dan juga hasil maksimal untuk proses pengolahannya. Tidak membutuhkan waktu yang lama, dan cara yang mudah, anda sudah dapat menghasilkan sari sayur atau jus sayur yang dapat langsung dikonsumsi. mesin juice extractor dengan daya listrik rendah sehingga cocok untuk usaha anda di rumah. Tersedia untuk beberapa tipe dibedakan dari kapasitas produksi yang dimiliki oleh mesin. Saringan dari blender dapat dengan mudah dilepas, sehingga akan memudahkan anda untuk dicuci setelah digunakan. Akan sangat aman untuk digunakan berulang kali, dikarenakan body mesin anti karat, dan tentu akan awet untuk jangka waktu yang relatif lama. Tersedia pula spare part untuk mesin, sehingga anda tidak perlu khawatir jika suatu saat anda mengoperasikan mesin dan terdapat kendala, karena sudah tersedia untuk spare part mesin dan tata cara untuk repair nya.

Beberapa mesin diatas adalah mesin mesin untuk pengolahan sayur mayur. Tentunya untuk artikel di waktu yang lain akan membahas lebih banyak tentang mesin pengolahan sayur mayur. Seperti mesin kentang spiral, mesin perajang bawang, mesin pencuci kacang, mesin pemipil jagung, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan pengolahan sayur mayur. Untuk anda yang membutuhkan mesin usaha yang berkaitan dengan olahan sayur sayuran ataupun untuk hal lainnya, dapat langsung bertanya kepada kami. Tentunya kami akan bersedia menjadi konsultan anda dalam menuju kesuksesan bisnis anda. Mesin dari Toko mesin solusindo bergaransi dan juga tersedia untuk spare part, serta teknisi kami yang siap untuk ke tempat anda jika mesin yang anda gunakan mengalami kendala ataupun membutuhkan trial mesin terlebih dahulu.

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Pengolahan sayur untuk bisnis Usaha Kecil Menengah. Dimulai dari pembahasan mengenai pengertian sayur sayuran dengan sederhana, dan juga mengapa sayur sangat diminati oleh masyarakat dan melihat peluang berdasarkan minat produksi dan penjualan es batu di masyarakat. Pembahasan akhir sedikit membahas tentang mesin mesin yang berhubugan dengan lancarnya pengolahan sayur sayuran untuk dijadikan peluang usaha baru dengan cara praktis, begitu pula dengan mesin mesin pendukung lain untuk melancarkan proses pengolahan sayuran. Berbagi ilmu dan juga peluang bisnis tentunya menjadi tugas kami untuk membuka referensi anda mengenai peluang usaha yang dapat anda tekuni, terutama di bahasan ini dalam bidang produksi untuk olah sayur, dengan bentuk pupuk granul atau pupuk dengan bentuk biji kecil. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas mesin pengolahan makanan dan juga minuman, mesin buatan lokal untuk beberapa kebutuhan produksi, mesin import untuk mesin mesin khusus makanan, minuman dan mesin pendingin, serta masih banyak lagi mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha yang anda mulai. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana atau modal awal anda. Untuk keterangan mesin mesin industry yang lebih lengkap, dengan spesialis mesin pengolahan es batu seperti mesin ice flake, mesin ice scaler, mesin ice tube, mesin ice cube, dan juga masih banyak jenis mesin es lainnya dapat anda kunjungi di website utama kami di www.tokomesinsolusindo.co.id

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif. 

Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).

Posting Komentar

0 Komentar