Advertisement









CARA MEMBUAT MINYAK KELAPA MURNI MINYAK VCO


PAKET MESIN MINYAK VCO - PRODUKSI MINYAK KELAPA MURNI

minyak-kelapa-murni-vco
 

Peluang usaha baru merupakan hal yang dicari semua orang khususnya yang ingin memulai usaha mandiri, dengan memikirkan bagaimana untuk pengolahan bahan baku sampai dengan hasil produk yang bermanfaat dan laku untuk dijual. Salah satunya adalah kelapa sebagai komoditi utama usaha, yang dapat dengan mudah digunakan dan diolah, serta mencari kelapa juga sangat mudah di pasar tradisional atau langsung ke petani kelapa. Dari satu bahan baku saja, sudah banyak usaha yang dapat dimulai, seperti dari pengolahan sabut kelapa untuk membuat kesed, atau untuk kerajinan tangan dengan bahan baku dari sabut kelapa. Atau batok kelapa yang juga dapat diolah untuk usaha. Apalagi untuk daging kelapa atau isi dari kelapa seperti air kelapa dan juga degan yang sangat banyak digunakan untuk minuman es segar ataupun untuk olah minuman lainnya. Santan dari hasil parutan isi kelapa juga dapat diolah untuk menjadi bumbu masak atau campuran bahan kue. Selain itu santan juga dapat diolah untuk menghasilkan minyak murni kelapa atau sebutan lain dari minyak VCO atau Virgin Coconut Oil. Sebelum membahas lebih jauh tentang kelapa dan peluang usaha yang dapat dilakukan menggunakan kelapa sebagai komoditi utama, akan dijelaskan terlebih dahulu pengertian dari kelapa.

Kelapa atau nama latinnya adalah cocos nucifera adalah anggota tunggal dalam marga cocos dari suku aren arenan atau dengan nama latin aracaceae. Tumbuhan kelapa ini dimanfaatkan oleh manusia di hampir semua bagian karena dianggap sebagai tumbuhan yang serbaguna. Dimulai dari air kelapa, batok kelapa, serabut kelapa, isi kelapa, bahkan kelapa pun bisa di ekstrak untuk dihasilkan minyaknya. Bagi masyarakat pesisir, kelapa sangatlah penting bagi menyambung kehidupan mereka. Tumbuhan ini banyak ditemui dari pesisir samudra hindia di sisi asia, namun saat ini sudah menyebar luas di seluruh pantai tropika di dunia. Kelapa secara alami tumbuh di daerah pantai dan pohonnya saja dapat mencapai ketinggian sampai dengan 30 meter. Tumbuhan kelapa ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut, namun jika seiring dengan meningkatnya ketinggian dari tumbuhan, maka akan lebih lambat dalam pertumbuhannya. Untuk pemanfaatan kelapa sendiri, karena kelapa disebut sebagai pohon serbaguna khususnya bagi masyarakat tropika. Hampir semua bagian dari tumbuhan kelapa dapat dimanfaatkan. Akar kelapa telah menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan cakar ayam. Kayu dari batangnya, atau dapat disebut kayu glugu, dipakai orang orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah. Masih banyak di daerah pantai pesisir anda akan menemukan kayu ini digunakan untuk papan rumah. Daun kelapa dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Untuk daun kelapa yang masih muda, atau disebut dengan janur, dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk kerajinan tangan yang menarik, dan akan sering ditemui digunakan oleh masyarakat jawa dan juga bali dalam berbagai upacara, khususnya di jawa sebagai tanda orang yang melaksanakan pernikahan. Tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, atau disebut dengan lidi, dihimpun menjadi satu dan jadilah sapu siap pakai. 

Masih banyak lagi bagian kelapa yang dapat menghasilkan keuntungan, karena kelapa adalah bagian yang paling bernilai dari sisi ekonomi. Serabut kelapa, atau baguan mesokarp dari kelapa yang berupa serat serat kasar, dapat diperdagangkan dan digunakan untuk bahan bakar, anyaman tali, keset rumah, jok kursi, kerajinan tangan, serta dapat juga digunakan untuk media tanam bagi beberapa jenis bunga. Untuk batok kelapa atau tempurung buah kelapa, adalah bagian endocarp kelapa, dapat dipakai sebagai bahan bakar juga, lalu dapat juga digunakan untuk gayung alat mandi, wadah minuman, atau bahan baku berbagai kerajinan tangan. Di daerah pesisir anda juga sering temukan batok kelapa digunakan sebagai alat permainan. Daging buah kelapa berwarna putih merupakan endosperma dari buah kelapa yang berupa cairan yang endapannya melekat di dinding batok kelapa. Daging buah kelapa atau sering disebut degan ini adalah sumber penyegar popular yang banyak diminati oleh masyarakat. Daging buah muda dengan warna putih dan berstuktur lunak, dapat disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung enzim yang beragam dan memiliki khasiat sebagai penangkal racun atau penetral racun. Beberapa kelapa bermutasi sehingga ada juga endapan yang tidak melekat pada dinding batok, tetapi tercampur dengan cairan endosperma nya. Mutasi ini disebut sebagai kelapa kopyor. Daging buah tua akan berwarna putih dan akan mengeras di dinding kelapa. Sari kelapa dapat diperas dan cairannya dinamakan santan. Santan sering diaplikasikan untuk penyedap berbagai macam makanan dan juga kue. Daging buah tua juga dapat diambil dan dikeringkan untuk menjadi komoditi dagang dengan nilai ekonomis, yang disebut dengan kopra. Kopra adalah bahan baku untuk pembuatan minyak kelapa dan juga turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar, namun dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly, atau sering dikenal dengan nata de coco dan merupakan bahan campuran dari minuman penyegar yang sangat diminati oleh masyarakat. Daging buah kelapa juda dapat dimanfaatkan untuk obat rambut, dengan khasiat mencegah rambut rontok dan juga rambut yang mudah patah. Kelapa selain bagian bagiannya dapat dimanfaatkan menjadi olahan yang berbeda beda, ternyata di berbagai bagian tersebut juga banyak manfaat atau khasiat untuk tubuh manusia. Buah kelapa baik yang sudah tua maupun yang muda, masing masing memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah kelapa dilihat dari beberapa bagian buah kelapa untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Santan kelapa untuk kesehatan tulang
Santan kelapa yang merupakan olahan dari buah kelapa, ternyata memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan tulang. Santan bisa digunakan untuk meredakan nyeri pada tulang yang seringkali di derita oleh para lanjut usia atau lansia. Santan juga berkhasiat mencegah keroposnya tulang, yang sangat cocok untuk mencegah osteoporosis.

2. Menurunkan tekanan darah
Kandungan potassium yang tinggi dimiliki oleh santan yang diyakini mampu untuk mengatur tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa santan mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tetapi hati hati untuk konsumsi santan berlebihan, dikarenakan kandungan kolesterol pada santan juga tinggi.

3. Meningkatkan energy
Air kelapa ternyata memiliki kandungan yang dapat meningkatkan energy pada tubuh. Meminum air kelapa merupakan cara alami untuk mendongkrak energy tubuh, karena terdapat banyak kandungan ion yang dibutuhkan oleh tubuh. Sangat cocok untuk anda yang mengalami kelelahan setelah beraktifitas berat, dan mengkonsumsi air kelapa akan kembali menyegarkan tumbuh anda, serta meningkatkan energy anda.

4. Sistem kekebalan tubuh yang meningkat
Buah kelapa memiliki kandungan elektrolit yang dapat membantu tubuh dalam mencegah berbagai virus, seperti virus penyebab flu yang bertebaran. Selain itu, air kelapa bersifat sebagai detok alami yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sering juga air kelapa digunakan untuk mengobati orang yang keracunan makanan. Untuk anda yang lagi sakit flu atau batuk, meminum air kelapa juga membantu dalam proses penyembuhan, karena melawan virus atau racun yang berada di dalam tubuh. Konsumsi air kelapa juga dianjurkan oleh pecandu rokok, untuk mengurangi racun yang mengendap di dalam tubuh.

5. Melemaskan otot
Otot tegang dapat terpicu karena tekanan stress seseorang, dan juga kesibukan sehari hari yang padat. Untuk mengatasinya, anda dapat meminum air kelapa untuk relaksasi. Kandungan magnesium dalam air kelapa dan juga santan, ternyata dapat membantu untuk melemaskan otot anda, sehingga ketegangan otot setelah anda melakukan aktivitas yang berat atau disaat anda stress akan dapat dihilangkan.

6. Menurunkan berat badan
Serat alami yang diperlukan tubuh terkandung dalam daging buah kelapa, karena daging buah kelapa kaya akan serat alami dan akan melancarkan pencernaan pada tubuh. Jika anda memiliki kendala dalam buang air besar, mengkonsumsi daging buah kelapa juga sangat cocok untuk anda. Konsumsi daging buah kelapa atau santan secara bertahap, dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan. Tidak lupa pula untuk mengatur pola makan, agar khasiat maksimal akan anda dapatkan dalam proses menurunkan berat badan.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat dari kelapa dilihat dari daging kelapa, air kelapa, dan juga santan, tentu masih banyak lagi manfaat manfaat dari bagian kelapa lainnya. Seperti yang anda ketahui, minyak kelapa juga berperan banyak dalam khasiat yang akan dihasilkan untuk tubuh. Meski minyak kelapa pada umumnya dikenal masyarakat sebagai hal buruk karena minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi, tetapi sebenarnya banyak pula manfaat dari minyak kelapa, yang khususnya jenis minyak kelapa yang disebut dengan Virgin Coconut Oil atau dapat disingkat dengan minyak VCO. Dalam Bahasa Indonesia, minyak VCO ini disebut dengan minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni atau minyak VCO berbeda dengan minyak sayur, minyak goreng, ataupun minyak lainnya, karena di dalam minyak kelapa murni terkandung sampai dengan 92% asam lemak rantai sedang. Asam lemak rantai sedang ini mudah diserap melalui daging usus, dan jika asam lemak ini sudah masuk ke dalam saluran pencernaan, akan mudah di serat dan juga dicerna oleh tubuh. Karena asam lemak rantai sedang ini dapat di proses lebih cepat oleh usus tanpa melalui proses hidrolisis dan enzimatik. Minyak kelapa murni kaya akan nutrisi, dan dapat berkhasuat untuk pemasolan aliran darah dan langsung dibawa ke dalam organ hati, untuk proses metabolisme pada tubuh. Di dalam hati, minyak kelapa murni akan diproses menjadi energy saja, bukan menjadi kolesterol apalagi menjadi timbunan lemak. Energi di dalam hati tersebut digunakan untuk meningkatkan fungsi semua kelenjar endoktrin, fungsi organ tubuh dan juga jaringan tubuh secara menyeluruh.

Manfaat Minyak Kelapa Virgin Coconut Oil (VCO)
Minyak kelapa VCO mengandung asam lemak jenuh rantai sedang yang akan mudah masuk ke dalam lapisan kulit dalam yang akan mempertahankan kelenturan serta kekenyalan pada kulit. Minyak kelapa VCO mengandung pelembab alami yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit, serta baik juga untuk kulit kering, kulit kasar, ataupun kulit yang bersisik. Minyak kelapa VCO bersifat anti jamur dan bakteri alamiah sehingga akan membantu dalam mencegah dan mengobati infeksi pada kulit, termasuk infeksi yang disebabkan oleh jamur kulit, eksim, bisul, jerawat, dan juga infeksi kulit lainnya. Asam laurat juga terkandung di dalam minyak kelapa VCO dan terkandung hampir 50%. Asam laurat sendiri adalah suatu asam lemak rantai sedang yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan manusia, yang terutama untuk wanita. Asam laurat menjadi sumber utama untuk ibu ibu yang menyusui, terutama dalam hal meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI).
Minyak kelapa VCO juga dapat melawan kadar kolesterol jahat karena memiliki kandungan kolesterol baik. Meningkatkan HDL dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat merupakan ciri dari kolesterol baik yang terkandung di dalam minyak kelapa VCO. Menyambung dari asam laurat yang terkandung pada minyak kelapa VCO tadi, ternyata juga memiliki manfaat untuk anti mikroba, yang berkhasiat untuk obat anti jamur, yang sangat cocok untuk kulit. Dan juga bermanfaat untuk membunuh virus. Maka dari itu Minyak kelapa VCO juga disebut anti virus. Dalam sistem kekebalan tubuh atau metabolisme dalam tubuh, tubuh akan mengubah dari asam laurat menjadi monolaurin, yang akan bertanggung jawab sebagai penghancur virus di dalam tubuh. Dikarenakan minyak kelapa VCO juga merupakan anti virus, ternyata dapat memperlambat pertumbuhan virus khususnya pada penderita penyakit HIV ataupun AIDS. Jika dilihat pada kandungan ASI , akan ditemukan asam laurat yang mempunyai manfaat untuk membantu bayi untuk melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bayi akan tahan dari serangan penyakit. Sistem kekebalan tubuh akan meningkat, dan tentu akan mudah kebal dari segala gejala penyakit, yang akan sangat cocok untuk anda yang menginginkan tubuh selalu sehat. Minyak kelapa VCO jika dikonsumsi secara bertahap dapat juga digunakan untuk metode menurunkan berat badan atau diet, tanpa takut sakit dikarenakan kandungan yang baik untuk metabolisme tubuh.

Khusus untuk ibu hamil dan masa menyusui, akan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak kelapa VCO atau minyak kelapa murni, karena pada minyak kelapa murni memiliki kandungan zat yang sangat luar biasa manfaatnya. Selain dapat mematikan mikroorganisme yang berbahaya, minyak kelapa VCO juga memiliki kandungan MCFA ( asam laurat, asam kaprat, asam oleat, asam kaplirat, asam palmitat, asam miristat) dan juga akan memberikan energy yang akan dibutuhkan masa persalinan atau dibutuhkan saat bayi mau lahir. Sudah banyak riset untuk pengalaman yang membuktikan bahwa ibu ibu yang mengkonsumsi minyak kelapa VCO akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk bayi, dan di dalam kandungan bayi akan lebih sehat, dan juga saat lahir bayi dalam keadaan bersih dan juga sehat. Air susu ibu pun akan berkualitas dan terkandung banyak karena minyak kelapa VCO sangat berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI tersebut.

            Toko mesin solusindo menyediakan mesin khusus untuk pengolahan kelapa khususnya dalam produksi minyak murni kelapa atau minyak kelapa VCO (virgin coconut oil). Paket mesin dengan fungsi khusus untuk mengolah dari awal kelapa utuh sampai dengan proses jadi minyak kelapa jenis VCO untuk peluang usaha baru anda dalam bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM).  Pengolahan untuk menjadikan minyak murni kelapa dimuai dari pemarutan kelapa, lalu dilanjutkan dengan memeras sari kelapa atau santan kelapa, lalu santan kelapa tersebut diolah di beberapa mesin khusus untuk mendapatkan kandungan minyak murni nya. Sampai dengan menjadi minyak murni VCO, diperlukan beberapa waktu untuk hasil minyak yang berkualitas. Berikut ini adalah mesin mesin dari paket mesin produksi minyak kelapa murni VCO :

1.  Parut Kelapa Lokal atau Alat pemarut kelapa

Alat ini adalah alat pertama yang digunakan untuk pengolahan pembuatan minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) dengan cara pemarutan isi kelapa untuk proses pembentukan santan nantinya. Parut santan dibuat dengan cara memarut isi kelapa dengan halus, sehingga cocok untuk dijadikan hasil parutan kelapa yang dapat digunakan untuk diperas untuk mendapatkan sari kelapa atau santan, atau dapat juga digunakan untuk campuran makanan. Proses parutan kelapa haruslah halus karena untuk memeras hasil parutan kelapa untuk menghasilkan santan dibutuhkan hasil parutan yang bagus pula. Dengan parut kelapa lokal kami, anda akan dapat menghasilkan hasil parutan kelapa yang diinginkan, dapat anda gunakan untuk keperluan anda di pasar, atau untuk proses produksi minyak kelapa murni VCO. Kami juga menyediakan beragam tipe untuk parut kelapa sendiri dengan menyesuaikan juga untuk kebutuhan produksi anda dari kapasitas produksi rumahan sampai dengan kapasitas produksi pabrik. Berikut ini adalah keterangan singkat mengenai parut kelapa lokal.

mesin-pemarut-kelapa


Alat pemarut kelapa buatan Toko mesin solusindo sudah digunakan oleh banyak dari pengusaha untuk memproses kelapa menjadi parutan kelapa yang siap untuk diproses ke tahap selanjutnya yaitu pemerasan sari kelapa atau santan kelapa. Body mesin dan juga pisau parut terbuat dari stainless steel untuk menjaga agar hasil dari isi kelapa halus dan juga maksimal untuk tahap produksi minyak kelapa murni selanjutnya. Anda hanya tinggal memasukkan bahan saja ke dalam alat pemarut kelapa, lalu proses pemarutan pun akan dilakukan secara otomatis. Hasil dari parutan dapat langsung anda tampung pada wadah tertentu yang akan memudahkan anda dalam mengambil hasil olahan. Penggerak mesin menggunakan dynamo listrik ataupun diesel yang juga menyesuaikan dengan kapasitas produksi dari alat pemarut kelapa. Hasil pemarutan kelapa memerlukan kehalusan tertentu karena kelapa parut yang akan menghasilkan santan berkualitas adalah hasil pemarutan yang lembut pula. Kelengkapan mesin sudah sekaligus tersedia saat pembelian mesin. Spare part atau suku cadang dari mesin juga kami sediakan untuk sewaktu waktu alat pemarut kelapa anda mengalami beberapa kendala dalam produksi. Proses awal dari pengolahan kelapa ini dapat anda dapatkan sekaligus dengan paket produksi minyak kelapa murni, atau dapat anda beli secara terpisah.

2. Mesin pemeras santan atau mesin press hidrolik santan

Mesin selanjutnya setelah pemarutan isi kelapa adalah proses pemerasan santan. Proses pemerasan santan dilakukan untuk mendapatkan sari kelapa dengan cepat dan dengan cara yang praktis. Dengan proses hidrolik, akan memudahkan anda untuk mendapatkan santan yang berkualitas, dan juga hasil yang maksimal. Proses peras santan menggunakan hidrolik ini bersistem semi otomatis, dengan membutuhkan tenaga operator untuk memutar tuas sehingga proses press atau menekan hasil parutan kelapa sampai mengeluarkan sari kelapa dengan cepat. Proses alami ini tentu akan menghasilkan santan dengan kualitas yang maksimal, karena langsung dari hasil parutan kelapa tanpa campuran apapun. Dapat menampung sampai dengan beberapa kilo hasil parutan kelapa sekaligus, karena mesin pemeras santan juga tersedia dalam beberapa kapasitas produksi tertentu yang akan menyesuaikan juga dengan kebutuhan produksi anda, apakah dengan kapasitas kecil untuk home industry, atau untuk kapasitas lebih besar lagi untuk melanjutkan produksi anda. Dengan mesin pemeras santan buatan bengkel kami, anda sudah dapat menuju ke proses ke dua dalam pembuatan virgin coconut oil (VCO). Berikut ini adalah penjelasan singkat dari mesin pemeras santan dan juga bahan dari mesin tersebut.

mesin-peras-santan


Dengan menggunakan proses hidrolik, mesin ini disebut dengan mesin press hidrolik santan dan proses hidrolik pun dilakukan dari awal sampai akhir untuk mendapatkan sari kelapa sampai dengan proses maksimal. Body mesin khususnya untuk penampungan bahan isi kelapa atau parutan kelapa terbuat dari stainless steel untuk menjaga agar hasil santan juga bersih dan juga higienis. Sampai dengan tempat untuk keluarnya bahan pun terbuat dari pipa stainless agar dari proses pengolahan sampai dengan proses pengambilan bahan akan tetap higienis. Penggerak atau penunjang mesin dari hidrolis yang akan memproses press atau tekanan menjadi lebih maksimal. Pemerasan santan menggunakan mesin press hidrolik santan akan lebih cepat pengolahannya dan juga lebih praktis untuk proses pengolahannya juga. Sehingga dengan menggunakan mesin press hidrolik santan anda dapat mengolah dari parutan kelapa menjadi santan kelapa yang akan dibutuhkan untuk proses selanjutnya. Anda dapat memesan langsung mesin press hidrolik santan secara terpisan, atau anda dapat memesan sekaligus dengan mesin mesin pendukung lainnya dalam memproduksi minyak kelapa virgin coconut oil (VCO).

3. Mesin pemanas santan cepat atau mesin penghangat cepat vco

Setelah proses pemarutan kelapa dan pemerasan santan sudah dilakukan, proses selanjutnya untuk menghasilkan minyak kelapa murni adalah dengan cara penghangatan cepat menggunakan mesin pemanas santan cepat. Dari santan yang telah diolah di mesin sebelumnya, akan dimasukkan ke dalam mesin ini untuk proses peleburan santan menggunakan suhu tinggi, sehingga partikel pertikel dari santan akan bereaksi untuk proses awal dari pembuatan minyak kelapa murni. Dengan heater atau pemanas dan juga control suhu, akan memudahkan anda dalam melihat suhu mesin saat proses penghangatan cepat. mesin pemanas santan cepat dapat menampung sampai dengan beberapa liter santan sekaligus, yang akan membuat proses peleburan santan akan jauh lebih cepat. Proses heater dan juga control suhu juga membantu untuk lebih efisien dalam hal waktu pengolahan santan kelapa menjadi minyak kelapa. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai spesifikasi dan juga keterangan mesin.

mesin-penghangat-cepat


Mesin penghangat cepat vco dengan tempat menampungan bahan dan juga hampir keseluruhan dari bagian mesin terbuat dari stainless steel untuk menjaga proses dari pengolahan bahan agar tetap bersih dan juga higienis, yang tentu akan meningkatkan kualitas dari produksi minyak yang anda hasilkan nanti. Terdapat drainase khusus yang akan memudahkan anda untuk mengambil hasil santan yang telah diolah dengan proses penghangatan cepat sehingga akan memudahkan anda dalam mengamil hasil olahan dan ditampung ke suatu wadah untuk proses produksi selanjutnya. Dengan kaki terbuat dari pipa kokoh akan sanggup untuk menanggung berat dari mesin meski berisikan santan kelapa beberapa liter sekaligus. Tersedia dalam roda ataupun tidak menggunakan roda, akan disesuaikan dengan permintaan pengguna mesin. Jika pengguna menginginkan mesin penghangat cepat santan fleksibel dengan dapat dipindah ke beberapa tempat, maka lebih cocok untuk spesifikasi mesin dengan menggunakan roda. Terdapat panel listrik yang akan memudahkan anda untuk menggunakan mesin, dan tentu teknisi kami akan siap menjelaskan proses penggunaan mesin dari awal sampai mengeluarkan hasil dan siap untuk menggunakan mesin selanjutnya. Spesifikasi mesin penghangat cepat santan ini beragam, yang akan ditentukan dari paket mesin produksi minyak kelapa murni, atau dengan spesifikasi standard untuk produksi rumahan.

4. Mesin pendingin cepat atau mesin pembeku santan

Setelah proses peleburan untuk mengolah santan dengan memanaskan santan menggunakan suhu tinggi, lalu proses selanjutnya adalah menaruh santan di suhu rendah atau membeku, sehingga proses untuk mendapatkan minyak kelapa murni pun akan melaju selangkah lagi. Proses pendinginan ini dilakukan dengan cepat, dan juga prosesnya dengan sirkulasi santan yang telah diletakkan di mesin pemanas cepat tadi. Proses pendinginan santan menggunakan mesin pendingin cepat ini mencapai 10 derajat celcius dan dapat diukur untuk suhu mesin saat proses mesin dilakukan , untuk mengecek apakah benar sampai dengan skala 10 derajat celcius. Pendinginan cepat santan akan membuat partikel santan akan sedikit berpisah dan sedikit menghasilkan kandungan minyak kelapa. Wadah penampungan bahan juga besar, hampir sama dengan mesin penghangat cepat, sehingga anda dapat menampung bahan santan sampai dengan beberapa liter sekaligus untuk proses produksi yang lebih cepat dan efisien dari hal waktu. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai spesifikasi mesin dan juga keterangan mesin.

mesin-pendingin-cepat-santan


Dengan body mesin seluruhnya terbuat dari stainless steel, tentu akan menjaga kebersihan dari bahan santan yang diolah dalam proses pendinginan cepat. Mesin pembeku santan adalah proses mesin keempat jika dimulai dari proses pemarutan kelapa. Dengan santan diolah ke suhu rendah, akan membuat kandungan minyak dari santan akan mulai keluar, dan tentu masih ada beberapa proses pengolahan lagi sebelum anda dapat memproduksi minyak kelapa murni secara maksimal. Terdapat panel listrik untuk memudahkan anda dalam pengoperasian mesin, dan tentu teknisi kami akan dapat menjelaskan proses mesin dari awal memasukkan bahan sampai dengan proses pengambilan hasil olahan santan. Dengan wadah yang dapat dengan mudah mengambil hasil dari pengolahan santan, tentu akan memudahkan anda dalam proses produksi santan untuk pembekuan santan. Mesin pembeku santan adalah salah satu dari paket mesin produksi minyak kelapa murni, yang dapat anda pesan secara terpisah, atau langsung dibeli dengan satu paket untuk peluang usaha baru anda dalam memproduksi minyak kelapa virgin coconut oil (VCO).

5. Mixer cepat vco atau mesin mixer santan

Proses selanjutnya adalah mixing atau pengadukan secara cepat menggunakan mixer cepat vco. Dengan proses selanjutnya ini santan yang telah didinginkan secara cepat akan mengalami proses pengkristalan sehingga kandungan minyak pun akan didapatkan mulai dari mesin mixer cepat vco ini. Proses ini dapat disebut juga dengan proses liquid es karena dari proses pembekuan santan ke tahap selanjutnya sampai santan yang telah mengkristal sampai bentuk dari adukan sendiri akan muncul seperti gelembung gelembung. Wadah dari mesin mixer cepat vco yang besar akan memudahkan anda dalam pengolahan mixer santan sehingga dapat menampung dengan kapasitas yang besar pula. Proses pengadukan yang merata juga merupakan keunggulan dari mesin mixer cepat vco karena dengan pengadukan secara teratur tentu kandungan minyak yang akan didapat akan sempurna dan siap bersaing di pasaran. Berikut ini merupakan penjelasan singkat dari mesin berdasarkan spesifikasi dan juga keterangan mesin.

mesin-mixer-vco


Terbuat dari stainless steel untuk seluruh bagian dari mesin dimulai dari wadah penampung bahan, kaki peyangga, sampai dengan pengaduk bahan santan penkristalnya. Tersedia panel listrik untuk memudahkan anda dalam pengoperasian mesin. Tersedia roda juga untuk lebih fleksibel jika anda ingin memindah mesin ke tempat yang anda inginkan. Penggerak pengaduk atau penggerak mixer menggunakan dynamo listrik sehingga proses pengadukan akan dilakukan secara teratur dan dengan kecepatan yang stabil. Untuk hasil produksi minyak kelapa murni yang maksimal, anda benar benar membutuhkan mesin mixer vco ini karena proses pengadukan dari hasil pengkristalan santan akan didapatkan dari pengolahan mesin mixer vco. Mesin ini dapat anda pesan secara terpisah atau sudah termasuk dalam satu paket keseluruhan produksi minyak kelapa murni.

6. Mesin sentrifuse vco atau Alat centrifugal pump

Proses mixer virgin coconut oil (VCO) sudah selesai, dan akan dilanjutkan dengan proses sentrifuse cairan dengan menggunakan mesin sentrifuce vco. Dengan memasukkan olahan santan yang telah melalui proses pengkristalan, akan dimasukkan ke botol dengan ukuran sedang, untuk diproses sentrifuse atau proses pemisahan antara kandungan minyak dengan santan yang telah mengkristal. Mesin akan berputar dengan cepat sehingga proses pemisahan dari air dan juga minyak dari santan akan segera terpisah. Mesin ini digunakan sebagai kelengkapan dari paket mesin produksi minyak kelapa murni dikarenakan proses ini lah bisa dianggap proses akhir dari produksi minyak kelapa Virgin Coconut Oil. Mesin sentrifuse vco dapat langsung menampung botol penuh olahan santan sampai dengan beberapa buah sekaligus, dan kapasitas produksinya disesuaikan dengan paket mesin pengolahan minyak kelapa murni. Berikut ini adalah penjelasan sederhana dari keterangan dan juga spesifikasi mesin.

mesin-sentrifuse-cairan


Body dari alat centrifugal pump terbuat dari stainless steel sehingga aman digunakan untuk pengolahan minyak murni, dan tentu hasil minyak juga akan berpengaruh karena untuk mengolah produk diharuskan di tempat yang steril dan bebas kuman atau bakteri sehingga khasiat minyak akan maksimal. Terdapat timer untuk memudahkan pengguna dalam mengatur waktu untuk proses mesin, sehingga anda dapat mengatur sesuai dengan keinginan anda. Terdapat beberapa kapasitas produksi yang berbeda, untuk umum digunakan para pengusaha minyak kelapa murni dengan kapasitas alat centrifugal pump dengan 16 botol. Penggerak mesin mengggunakan dynamo listrik untuk mendapatkan perputaran mesin yang stabil sehingga pemisahan antara air dan minyak dari olahan santan akan cepat dan juga sempurna. Dilengkapi dengan roda di bawah bagian mesin sehingga anda dapat dengan fleksibel memindahkan mesin ke tempat yang anda inginkan. Alat centrifugal pump dapat anda beli secara terpisah atau sekaligus dengan paket mesin produksi minyak kelapa murni atau paket mesin virgin coconut oil (VCO).

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Peluang bisnis UKM produksi minyak kelapa VCO. Dimulai dari pembahasan mengenai pengertian kelapa dari jenis, dan juga kelapa yang diminati oleh masyarakat dan melihat peluang berdasarkan minat kelapa dan minyak kelapa di masyarakat. Pembahasan akhir sedikit membahas tentang mesin mesin yang berhubugan dengan lancarnya pengolahan kelapa untuk dijadikan minyak kelapa secara praktis, begitu pula dengan mesin mesin pendukung untuk melancarkan proses produksi paket mesin minyak kelapa. Berbagi ilmu dan juga peluang bisnis tentunya menjadi tugas kami untuk membuka referensi anda mengenai peluang usaha yang dapat anda tekuni, terutama di bahasan ini dalam bidang produksi pupuk organik, dengan bentuk pupuk granul atau pupuk dengan bentuk biji kecil. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas mesin pengolahan makanan dan juga minuman, mesin buatan lokal untuk beberapa kebutuhan produksi, mesin import untuk mesin mesin khusus makanan, minuman dan mesin pendingin, serta masih banyak lagi mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha yang anda mulai. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana atau modal awal anda. Untuk keterangan mesin mesin industry yang lebih lengkap, dengan spesialis mesin pengolahan es batu seperti mesin ice flake, mesin ice scaler, mesin ice tube, mesin ice cube, dan juga masih banyak jenis mesin es lainnya dapat anda kunjungi di website utama kami di www.tokomesinsolusindo.co.id

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif. 

Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).

Posting Komentar

0 Komentar