Advertisement









Bisnis UKM Produksi Kerupuk Bulat dan Lontongan



bisnis-kecil-produksi-kerupuk

             Kerupuk adalah makanan ringan yang sangat digemari di semua kalangan, yang sangat cocok untuk menambah rasa dalam makanan, atau salah satu dari penyedap makanan yang tidak akan terlepas dari beberapa menu di makanan. Dapat dikonsumsi secara langsung, atau dapat dijadikan tambahan dari menu makanan. Minat masyarakat untuk menkonsumsi makanan ringan berupa kerupuk ini sangatlah tinggi, dan permintaan pasar pun juga tidak pernah berkurang, baik di kota maupun di desa. Dengan sangat tingginya minat konsumen dalam mengkonsumsi kerupuk, maka tidak heran juga saat ini terdapat banyak variasi makanan ringan ini yang tersedia di pasaran, dari segi bentuk, rasa, dan juga bahan yang digunakan untuk membuat kerupuk. Kerupuk ikan menjadi salah satu kerupuk yang akan selalu digemari oleh konsumen dan itupun masih salah satu jenis kerupuk dari banyaknya jenis kerupuk yang ada saat ini. Dengan adanya jumlah permintaan konsumen yang tidak akan pernah ada habisnya, maka tidak salah lagi untuk anda mencoba bisnis UKM produksi kerupuk dengan awal bisnis menggunakan skala home industry. Apalagi jika dilihat dari jumlah permintaan yang tidak sebanding dengan ketersediaan barang yang ada di pasaran, maka sangat dapat dipastikan bahwa bisnis UKM produksi kerupuk ini akan sangat menjanjikan. Berhubung ada sangat banyak macam kerupuk di masa sekarang ini, kita ambil salah satunya saja untuk contoh yang cocok dalam bisnis, yaitu kerupuk ikan. Produksi kerupuk antara kerupuk ikan dan lainnya relative sama dan hasil pun tidak jauh berbeda.

            Bahan baku yang mudah diperoleh menjadi salah satu peluang bisnis pula mengapa bisnis UKM produksi kerupuk ini cocok untuk anda. Pastikan di daerah anda terdapat ketersediaan bahan baku yang memadai, sehingga hal yang anda butuhkan sudah terpenuhi dikarenakan bahan baku menjadi hal yang terpenting dari proses produksi. Meski anda masih tergolong home industry, tetapi jika anda dapat memaksimalkan peluang pasar, maka tidak akan menjadi masalah besar bagi anda untuk bersaing di pasar. Tidak perlu takut atau merasa minder dengan pabrik pabrik besar produksi kerupuk dalam jumlah yang sangat besar, karena jika anda terjun di bidang produksi makanan ringan, maka yang menentukan tetap konsumen, dikarenakan selera konsumen yang beragam, dan itu bisa menjadi nilai acuan anda untuk memastikan anda akan terus ada kesempatan untuk bersaing, meski anda baru menapak di bisnis UKM produksi kerupuk ini. Keunggulan jika anda melakukan produksi rumahan dibandingkan dengan pabrik yang sudah besar, anda dapat menjual produk kerupuk dengan masih bahan mentah, atau sudah matang dan siap untuk dikonsumsi. Dari segi relasi pun akan lebih cepat anda untuk memperkenalkan produk anda, dikarenakan harga yang dapat bersaing dengan pabrik besar, meski dari segi kualitas dan penyajian masih belum serapi dan sebagus buatan pabrik. Konsumen lebih menyukai untuk membeli kerupuk yang sudah masak atau yang sudah dapat dikonsumsi serta dibungkus dengan rapi. Karena dari segi harga juga lumayan untuk penjualan kerupuk yang sudah masak, dibandingkan dengan kerupuk yang masih butuh digoreng atau kerupuk mentah. Memang ada plus minusnya sendiri antara menjual produk kerupuk dari produk mentah atau yang sudah masak, semisal untuk penjualan kerupuk yang sudah masak, daya tahan produk pun akan jauh lebih cepat daripada yang mentah, tetapi harga dapat mencapai 2 kali lipat dari harga produk yang mentah. Sebelum memulai bisnis UKM produksi kerupuk ini anda harus memutuskan terlebih dahulu berdasarkan pertimbangan keputusan dilihat dari peluang pasar, dan juga peluang bahan yang dijual.

            Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang jenis kerupuk apa saja yang digemari di masyarakat :

1. Kerupuk Bulat
Kerupuk bentuk bulat atau sering disebut dengan kerupuk mawar adalah kerupuk yang sudah sangat terkenal dan melegenda karena sudah ada sejak zaman dahulu kala. Kerupuk ini sering dikemas dengan blek atau sebutan untuk wadah kerupuk dari besi tipis. Selain rasanya yang gurih, enak, dan mempunyai rasa khas kerupuk ini dapat meningkatkan selera makan kita untuk menu tertentu. Sebutan lain untuk kerupuk bulat ini adalah kerupuk kaleng, kerupuk keriting, kerupuk putih, dan kerupuk blek.

2. Kerupuk Bawang
Kerupuk bawang sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat. Harga yang sangat murah menjadikan kerupuk ini sangat digemari oleh konsumen. Kerupuk ini memiliki rasa yang enak, gurih, serta renyah. Sering dibungkus di plastic kecil dan porsi yang kecil juga. Sangat cocok untuk campuran makanan anda karena rasanya yang akan menyatu dengan makanan anda. Sesuai dengan namanya, bawang menjadi salah satu bahan khusus untuk membuat kerupuk bawang renyah ini. Makanan ringan berupa kerupuk bawang juga sangat digemari untuk camilan di semua kalangan masyarakat.

3. Kerupuk Kemplang
Kerupuk kemplang merupakan kerupuk khas daerah Palembang. Bahan baku dari kerupuk kemplang ini dari bahan dasar ikan. Rasa dari kerupuk ini enak, renyah, gurih dan terasa rasa ikannya. Ikan tenggiri adalah bahan baku utama dari kerupuk kemplang ini. Karena rasa dari ikan tenggiri yang enak, kerupuk ini sering dimakan langsung sebagai makanan ringan daripada sebagai penyedap makanan. Bentuk dari kerupuk kemplang ini bulat kecil, dan padat. Kerupuk kemplang ini sering di konsumsi dengan sampal pedas, atau kecap asin.

4. Kerupuk Rambak
Kerupuk rambak atau sebutan lainnya jangek adalah kerupuk yang dibuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang sudah diolah dan diberi bumbu rempah rempah untuk penambah rasa. Perebusan dalam memproduksi kerupuk rambak dan juga pengeringan langsung pada sinar matahari memakan waktu sekitar 2 sampai dengan 3 hari, setelah pengeringan selesai, kerupuk rambak dalam kondisi mentah dan kering sudah siap digoreng dan siap untuk dihidangkan.

5. Kerupuk Emping
Kerupuk emping adalah kerupuk yang terbuat dengan cara menghancurkan bahan baku yaitu dari biji melinjo sampai halus lalu dikeringkan di sinar matahari untuk beberapa saat. Biji emping melinjo awal pengolahan direbus terlebih dahulu, lalu di tipiskan menggunakan alat dari batu, atau palu, atau menggunakan mesin khusus. Emping biasanya disajikan dengan bubur, makanan gado gado, dan beberapa menu makanan lainnya. Variasi emping selain menjadi pelengkap makanan, juga dapat dijual dengan bentuk emping balado.

6. Kerupuk Udang
Kerupuk udang merupakan salah satu kerupuk yang sangat digemari oleh semua kalangan karena rasanya yang gurih, renyah, dan juga sangat enak dari segi rasa. Kerupuk udang terbuat dari adonan tepung tapioca dan udang yang ditumbuk sampai halus, lalu diberi bumbu rempah rempah untuk menambah rasa nikmat dari kerupuk yang akan dibuat. Daerah Sidoarjo merupakan daerah khas asal kerupuk udang ini. Adonan mentah dari udang dan campuran bumbu di kukus sampai matang, lalu  setelah matang dan juga kenyal, akan di iris dengan bentuk tipis tipis lalu di jemur sampai kering. Untuk pengeringan normal akan memakan waktu 2 sampai dengan 3 hari. Setelah kerupuk selesai dalam proses penjemuran, kerupuk pun siap digoreng dan dihidangkan atau dijual di pasaran.

7. Rempeyek
Rempeyek atau peyek adalah jenis makanan pelengkap yang termasuk jenis kerupuk meski banyak dari kalangan masyarakat yang mengelompokkan rempeyek ke kategori gorengan. Bahan baku dari rempeyek sendiri adalah tepung beras yang dicampur dengan air sampai membentuk adonan kental, lalu di beri bumbu yang terutama adalah garam dan juga bawang putih, lalu diberi bahan pengisi yang sangat khas yaitu biji kacang tanah atau biji kedelai. Tidak selalu menggunakan kacang tanah atau kedelai saja, rempeyek pun dapat menggunakan bahan pengisi yang lain seperti ikan teri, dan juga udang kecil kecil. Rempeyek sangat sering ditemukan dijual di warung makan, di pasar, dan juga paling sering di daerah pedesaan.

Dari beberapa jenis kerupuk yang beragam tersebut, tentunya anda juga mengetahui manakah yang anda sukai, yang tentu anda pun juga pernah menjadi konsumen dari beberapa jenis kerupuk yang telah dijelaskan diatas. Untuk peluang usaha produksi kerupuk anda dapat melihat dari kondisi pasar dan juga daerah mana tempat anda melakukan bisnis yang akan menjadi referensi anda dalam jenis manakah kerupuk yang akan anda pilih untuk anda produksi. Kerupuk mawar, kerupuk udang, dan kerupuk kemplang adalah 3 jenis kerupuk yang paling favorit di kalangan masyarakat, dan tentu permintaan dari 3 jenis kerupuk ini terus bertambah dan masih belum tentu para produsen akan sanggup memenuhi permintaang konsumen. Maka dari itu untuk peluang usaha bisnis anda yang baru khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam bidang makanan yaitu produksi kerupuk, anda sebaiknya lebih focus ke 3 jenis kerupuk yang di sebutkan ini. Selain bahan bakunya yang mudah untuk di cari di mana mana, untuk mencari pasar atau menjual produk yang sudah jadi baik itu dalam bentuk mentah ataupun sudah siap saji, akan jauh lebih mudah dikarenakan permintaan konsumen untuk 3 jenis ini tidak akan pernah berhenti. Sebagai salah satu contoh umum saja, warung makan. Tentu di warung makan akan selalu anda temui kerupuk mawar atau kerupuk blek, kerupuk udang, ataupun kerupuk bawang. Karena pelengkap makanan yang sangat digemari konsumen juga merupakan 3 jenis kerupuk ini. Dan permintaan untuk adanya kerupuk jenis jenis ini akan selalu bertambah menyesuaikan dengan kebutuhan warung tersebut. Untuk skala yang lebih besar saja seperti rumah makan, tentunya juga akan membutuhkan kerupuk kerupuk jenis ini yang akan melengkapi menu makanan yang ada. Karena sudah tidak asing lagi, bahwa beberapa orang pun tidak bisa makan enak jika tidak ada kerupuk sebagai penambah rasa dari menu makanannya. Maka dari itu peluang ini lah yang menjadi acuan untuk anda dalam memulai bisnis UKM, khususnya untuk memproduksi kerupuk, salah satu dari ketiga jenis kerupuk yang sangat digemari dan dibutuhkan di kalangan masyarakat luas. Untuk awal usaha, tidak masalah jika memulai dengan skala produksi rumahan, sambil melihat peluang pasar, dan juga menstabilkan kebutuhan produksi yang diperlukan, sebelum menuju ke jenjang produksi yang lebih besar.


            Toko Mesin Solusindo telah menyediakan untuk anda mesin khusus untuk memproduksi kerupuk dengan bentuk kerupuk mawar atau kerupuk bulat, atau kerupuk lontongan dengan beberapa kapasitas produksi yang anda butuhkan. Dengan menggunakan mesin khusus untuk memproduksi kerupuk, akan sangat cocok untuk anda yang membutuhkan produksi skala home industry dengan mesin mesin yang siap untuk memproduksi sesuai dengan kemampuan yang anda inginkan untuk usaha awal. Terdapat beberapa macam untuk mesin produksi kerupuk yang cocok untuk bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) anda, dan dibawah ini akan dijelaskan secara sederhana mengenai beberapa mesin produksi kerupuk tersebut.

1. Mesin adonan kerupuk (molen kerupuk)

mesin-produksi-kerupuk-alat-molen-kerupuk

Untuk langkah awal dalam produksi kerupuk, diperlukan mesin untuk mengolah adonan kerupuk yang akan dibuat untuk mengaduk antara bahan baku kerupuk dengan bumbu bumbu yang diperlukan untuk membuat kerupuk. Mesin adonan kerupuk atau sering disebut dengan molen kerupuk akan mengaduk dengan kecepatan sedang sehingga antara bahan baku kerupuk berupa tepung, bumbu, air, dan beberapa bahan lainnya, akan merata untuk menciptakan adonan yang maksimal. Mesin ini sanggup untuk mengaduk adonan dengan beberapa jenis, contohnya seperti adonan padat dan juga adonan encer, mengikuti dari bahan yang digunakan. Tidak hanya untuk adonan kerupuk saja, tetapi mesin ini juga bisa diaplikasikan untuk adonan bakery seperti roti, kue donat, pizza, bakpao, siomai, dan masih banyak lagi jenis kue lainnya. Berikut adalah keterangan untuk mesin pengaduk adonan kerupuk atau mesin molen kerupuk. Dengan body mesin atau wadah dari bahan terbuat dari stainless steel, tentu akan menjaga bahan dari adonan kerupuk anda untuk tetap higienis. Untuk penyangga mesin atau kaki dari mesin terbuat dari siku mild steel yang kokoh untuk menjaga kestabilan mesin saat proses pengadukan dijalankan. Penggerak mesin menggunakan dynamo listrik dan perpaduan dengan gearbox untuk mendapatkan putaran perlahan agar proses pengadukan sempurna, tidak terlalu cepat untuk pengadukannya dan juga tidak terlalu lambat. Untuk kelengkapan mesin sendiri seperti gear, rantai, vbelt, serta panel on off sudah tersedia dalam mesin dan mesin molen kerupuk pun siap untuk anda jalankan. Kapasitas produksi yang tersedia untuk mesin adonan kerupuk ini beragam, dapat juga menyesuaikan dengan paket mesin yang dibeli, atau anda dapat membeli mesin ini saja dengan kapasitas produksi yang anda butuhkan.

2. Mesin pencetak kerupuk lontongan

produksi-kerupuk-lontongan-alat-cetak-kerupuk

Proses selanjutnya setelah mengaduk adonan dan menjadi adonan kerupuk yang siap diolah, akan dicetak pada Mesin pencetak kerupuk lontongan. Untuk membuat kerupuk lontongan dengan mudah, anda dapat menggunakan mesin cetak kerupuk ini karena akan lebih efisien dalam hal waktu dan juga hasil dari produk yang akan diolah ke tahap selanjutnya. Mesin cetak kerupuk lontongan dari Toko Mesin Solusindo akan menghasilkan cetakan kerupuk bentuk lontongan panjang yang bagus dan siap proses, dan juga waktu produksinya juga cepat. Hanya dengan memasukkan adonan kerupuk ke dalam mesin saja, anda sudah bisa memproduksi kerupuk lontongan dengan bentuk lonjong utuh, dan proses ini langsung menghasilkan 5 sampai 6 buah lontongan kerupuk utuh karena mouldingnya sudah tersedia langsung untuk memproduksi 5 sampai 6 buah lontongan dalam satu waktu. Kerupuk lontongan yang telah diproses menggunakan mesin pencetak kerupuk lontongan ini dapat langsung dikemas untuk dijual dengan kondisi mentah, atau dapat diolah lagi ke tahap selanjutnya dalam proses produksi kerupuk seperti proses pengirisan bentuk tipis. Berikut ini adalah keterangan singkat mengenai mesin cetak kerupuk model lontongan. Body mesin atau wadah penampungan bahan baku terbuat dari stainless steel untuk menjaga kebersihan dari bahan saat proses pengolahan dilakukan, sampai dengan moulding atau pencetaknya. Lalu kaki penyangga mesin dari mild steel agar kokoh saat proses mesin dijalankan, lalu terdapat konveyor yang siap untuk menampung lontongan kerupuk yang telah selesai diproduksi. Penggerak mesin cetak lontongan kerupuk ini menggunakan dynamo listrik dan juga gearbox untuk proses pencetakan yang merata. Untuk mesin ini disediakan dalam beberapa kapasitas produksi khususnya untuk jumlah moulding yang di inginkan oleh pengguna mesin. Tersedia dari 3 moulding untuk kapasitas yang kecil, dan umum yang dipilih oleh pengguna yaitu 4 sampai dengan 5 moulding untuk kapasitas sedang, atau kapasitas produksi pilihan anda pribadi yang membutuhkan lebih dari 5 moulding. Mesin cetak kerupuk lontongan dari Toko Mesin Solusindo tentu akan menghasilkan kerupuk lontongan dengan bentuk yang sempurna untuk hasil produksi anda yang maksimal.


3. Mesin Perajang Kerupuk Lontongan

mesin-pengiris-kerupuk-lontongan

Proses selanjutnya setelah kerupuk dicetak dalam bentuk lontongan, adalah proses untuk dipotong dengan bentuk kecil kecil menggunakan Mesin perajang kerupuk lontongan . Kerupuk akan dipotong dalam bentuk tipis tipis sesuai dengan bahan mentah kerupuk yang ada di pasaran. Sangat dianjurkan untuk menggunakan mesin perajang ini agar proses produksi kerupuk lebih cepat dikarenakan jika dibandingkan dengan kinerja manual, tentu akan lebih menghemat waktu menggunakan mesin, karena pada mesin perajang kerupuk bentuk lontongan oleh Toko Mesin Solusindo dapat mengiris lontongan kerupuk beberapa buah sekaligus dalam sekali proses mesin berjalan. Hasil dari perajangan akan memiliki bentuk yang sama antara satu dengan yang lainnya, berikut juga ketebalan yang dihasilkan. Akan sangat berguna untuk proses produksi kerupuk lontongan anda karena konsumen juga membutuhkan kerupuk dengan bentuk yang sama merata dari segi ketebalan dan juga keseluruhan bentuknya. Meski ada juga keinginan pembeli untuk mendapatkan kerupuk dalam bentuk lontongan utuh, tetapi tidak menutup kemungkinan juga konsumen membutuhkan kerupuk dengan bentuk yang siap untuk digoreng, dan anda akan melihat peluang usaha tersebut dengan menyediakan produk kerupuk ikan tidak dalam bentuk lontongan utuh, tetapi dengan bentuk potongan kecil kecil yang akan langsung siap untuk proses penggorengan. Berikut adalah penjelasan singkat untuk mesin perajang kerupuk khusus bentuk lontongan. Wadah dari proses pemotongan atau perajang terbuat dari stainless steel, dan juga tempat keluar untuk hasil perajangan. Pisau dari baja yang siap untuk memotong lontongan kerupuk dengan cepat, pendorong khusus untuk proses perajangan dari as mild steel, lalu penggerak mesin menggunakan dynamo listrik untuk proses pemotongan yang cepat. Kaki penyangga mesin serta body bawah mesin terbuat dari mild steel untuk kokoh nya mesin. Perlengkapan mesin seperti vbelt, pulley, dan on off sudah tersedia saat proses pembelian mesin. Dengan menggunakan mesin pemotong kerupuk lontongan kami, anda dapat memproduksi kerupuk lontongan dengan proses yang cepat.

            Beberapa mesin diatas adalah mesin mesin khusus untuk memproduksi kerupuk lontongan, dan Toko Mesin Solusindo masih menyediakan mesin mesin lain yang juga digunakan untuk memproduksi kerupuk dalam bentuk lainnya yaitu bentuk kerupuk mawar atau kerupuk bulat. Proses yang tidak jauh beda antara pencetak kerupuk lontongan dan juga pencetak kerupuk bulat, hanya saja berbeda dari proses pencetakan dan juga hasil dari cetakan. Sangat cocok untuk anda yang membutuhkan mesin khusus untuk memproduksi kerupuk dalam bentuk bulat, dan juga khusus untuk produksi rumahan. Berikut adalah penjelasan sederhana mengenai mesin pencetak kerupuk bulat . 


-          Mesin Pencetak Kerupuk Bulat

produksi-kerupuk-tipe-bulat

Untuk memproduksi kerupuk dengan bentuk mawar tentunya berbeda dengan kerupuk bentuk bulat, dari segi mouldingnya, dan juga proses untuk pencetakannya. Tetapi untuk fungsi mesin sendiri tidak jauh beda dikarenakan sama sama akan mencetak kerupuk dalam waktu yang singkat, dan jumlah yang diproduksi pun banyak. Kerupuk mawar atau juga sering disebut dengan kerupuk putih sangatlah banyak peminatnya, dan akan selalu anda jumpai di berbagai tempat makan seperti warung ataupun rumah makan. Tidak akan pernah habis permintaan konsumen untuk kerupuk jenis ini, karena kerupuk ini sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat manapun dan di daerah manapun mulai dari kota sampai di daerah pedesaan. Bahan baku juga tidak jauh beda dengan kerupuk lontongan seperti tepung tapioca, bumbu bumbu untuk rasa dan gurihnya dari kerupuk, serta adonan lainnya. Proses pembuatan pun relative sama Antara jenis kerupuk bulat ini dengan kerupuk lainnya, hanya saja berbeda di bahan baku yang digunakan. Setelah proses pencetakan pun juga di jemur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa waktu, sebelum dikemas dan di jual ke pasaran. Kapasitas produksinya bermacam macam, menyesuaikan dengan mesin yang anda butuhkan, Toko Mesin Solusindo menyediakan mesin pencetak kerupuk bulat  ini dengan manfaat untuk memproduksi kerupuk tipe bulat anda dengan cepat dan juga efisien. Berikut adalah penjelasan singkat dari mesin cetak kerupuk tipe bulat .

Body mesin dari mild still untuk kokohnya mesin dan juga proses pencetakan agar lebih efisien, lalu terdapat penggerak menggunakan dynamo listrik yang sanggup mencetak kerupuk bulat atau kerupuk mawar dalam jumlah banyak. Konveyor akan siap untuk menampung hasil dari pencetakan kerupuk dan langsung dapat diambil oleh produsen untuk proses pengeringan. Jika anda menginginkan kerupuk dengan model selain bulat, missal untuk model kotak, anda hanya tinggal menghubungi kami agar kami dapat membuatkan moulding khusus yang anda inginkan. Untuk gear, vbelt, dan beberapa perlengkapan lainnya sudah tersedia dalam mesin saat proses pembelian mesin dilakukan. Beragam kapasitas produksi akan siap untuk menyesuaikan dengan modal usaha dan kebutuhan anda dalam proses produksi kerupuk. Kualitas dan mutu mesin sudah terjamin karena sudah beberapa kali paket mesin produksi kerupuk kami dikirim ke berbagai daerah di Indonesia.


-          Mesin Oven Pengering

oven-pengering-kerupuk

Setelah mesin mesin dari paket mesin produksi kerupuk , lalu Toko Mesin Solusindo juga menyediakan beberapa mesin pendukung yang cocok untuk memudahkan proses dari produksi kerupuk, seperti pengolahan bahan baku, atau pun pengolahan setelah produk kerupuk jadi. Mesin Oven Pengering atau mesin pengeringan pengganti sinar matahari yang berguna untuk proses pengeringan kerupuk, yang membutuhkan sinar matahari langsung untuk mengeringkan kerupuk, dan memakan waktu berhari hari di terik panas matahari, dan juga harus diletakkan diluar ruangan jika anda tidak mempunyai ruangan khusus untuk menjemur kerupuk nya. Dengan menggunakan mesin oven pengering dari Toko Mesin Solusindo , anda dapat mengganti proses penjemuran dengan sinar matahari, hanya dengan memasukkan ke dalam mesin, lalu proses pengeringan pun dapat dilakukan. Dengan diletakkan di dalam mesin oven, tentu bahan akan lebih aman dan terjaga kebersihannya, dan juga dapat menampung bahan dengan jumlah banyak. Proses burner yang ada pada mesin menggantikan suhu panas dari sinar matahari yang dibutuhkan kerupuk untuk pengeringan, dan tentu di dalam mesin terdapat blower yang akan meratakan suhu panas yang muncul dari bagian bawah mesin, tepatnya di bagian burner nya. Terdapat beberapa rak yang tersedia disesuaikan dengan kapasitas prorduksi yang diinginkan oleh pengguna. Dimulai dari kapasitas oven pengering yang paling kecil yaitu 4 rak, tersedia pula untuk kapasitas 12 rak, dan masih beragam lagi untuk kapasitas lainnya. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai mesin oven pengering . Body mesin oven terbuat dari stainless steel yang akan menjaga kebersihan dari bahan yang akan dikeringkan serta tahan terhadap suhu panas di dalam mesin saat proses pengeringan. Terdapat control suhu di bagian atas mesin, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk burner jika terjadi suatu kesalahan atau suhu yang tiba tiba meningkat, dikarenakan control suhu akan berperan sebagai mengontrol burner agar selalu berada di suhu yang diinginkan oleh pengguna mesin. Terdapat roda di bagian bawah mesin yang akan memudahkan pengguna untuk memindahkan mesin oven pengeringan kemanapun anda inginkan. Blower atau perata suhu panas berada di bagian atas mesin, dan sirkulasi udara panas akan mengalir ke seluruh bagian rak mesin, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk bahan yang dikeringkan dan ditaruh di bagian rak paling atas, karena proses pengeringan akan merata dari rak paling atas, sampai rak paling bawah. Sangat cocok digunakan untuk mengeringkan kerupuk, karena anda tidak perlu susah susah untuk memindahkan kerupuk yang akan dikeringkan setiap ada terik matahari, anda hanya tinggal memasukkan kerupuk ke dalam mesin, dan melakukan proses pengeringan siang dan malam, sampai kering yang diinginkan. Tidak hanya digunakan untuk pengolahan kerupuk saja agar kering, mesin oven pengering ini lebih sering diaplikasikan untuk produk produk pertanian seperti pengeringan jagung, kunyit , dedaunan untuk obat herbal, kerang, tembakau, gabah, dan masih banyak lagi bahan lainnya.


-          Mesin Pemisah Daging dan Tulang Ikan

mesin-fish-bone-separator

Mesin fish bone separator atau sebutan untuk mesin pemisah daging dan tulang ikan yang berfungsi untuk memisahkan Antara tulang dan daging ikan, sehingga mempermudah anda untuk proses pengambilan bahan baku yang digunakan untuk produksi kerupuk ikan. Khusus untuk kerupuk ikan, anda akan membutuhkan mesin pemisah daging kami, karena mesin ini akan bekerja cepat dan cara yang sangat praktis yaitu anda hanya tinggal memasukkan ikan ke dalam mesin, lalu proses pemisahan antara tulang dan daging pun dilakukan. Mesin pemisah daging ikan adalah termasuk mesin import yang sudah teruji mutu dan juga kualitasnya untuk mengolah ikan, dan juga dapat digunakan untuk beberapa jenis ikan. Dengan roll yang sanggup untuk memisahkan daging dan juga tulang ikan, tentu akan mempermudah proses anda dalam mengolah ikan dengan cara yang cepat dan tentu terjaga kehigienisannya. Tulang yang telah dipisahkan dari daging akan langsung keluar dari mesin, sedangkan daging tanpa tulang dapat diambil di bagian dalam mesin. Proses ini sangatlah cepat, anda dapat memproduksi menggunakan mesin pemisah daging ini dengan kontinyu. Untuk proses yang maksimal, satu persatu daging ikan dimasukkan dalam mesin untuk proses pemisahannya. Berikut adalah penjelasan singkat mengenaik mesin pemisah daging dan tulang ikan. Kapasitas produksi yang dimiliki oleh mesin pemisah daging ini mencapai 200 sampai dengan 300 kilo per jam nya. Hampir seluruh dari bagian body mesin fish bone separator terbuat dari stainless steel sehingga akan sangat aman digunakan untuk produk makanan atau bahan baku yang digunakan untuk mengolah makanan. Mudah pula untuk dibersihkan menjadi salah satu kelebihan mesin yang body nya terbuat dari stainless steel. Penjelasan singkat mengenai tata cara menggunakan mesin fish bone separator adalah sebagai berikut : ikan yang akan digunakan untuk bahan pemisahan, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu seperti di cuci, di bersihkan kotorannya, lalu sisik ikan juga di pisahkan dari tubuh ikan, sehingga anda akan mendapatkan daging ikan tanpa duri atau sisik ikan. Lalu setelah proses membersihkan ikan, ikan pun siap untuk proses pemisahan tulang. Anda akan mendapatkan daging ikan tanpa tulang yang bersih dan berkualitas. Segala jenis ikan dapat diolah pada mesin fish bone ini, untuk keperluan produksi kerupuk ikan, produksi daging nugget ikan, atau produksi abon ikan.

            Berikut tadi adalah beberapa mesin khusus yang dapat anda gunakan untuk menunjang bisnis ukm anda khususnya dalam bidang memproduksi kerupuk lontongan, ataupun kerupuk mawar. Mesin mesin tambahan atau mesin pendukung pun juga tersedia untuk menunjang kelengkapan proses dari produksi kerupuk anda. Anda tidak perlu ragu lagi untuk memesan mesin mesin produksi kerupuk kepada kami, karena Toko Mesin Solusindo sudah mengirim beberapa paket produksi kerupuk mawar ataupun kerupuk bulat, di beberapa daerah di seluruh Indonesia. Teknisi kami akan siap melayani anda dalam menjelaskan tata cara penggunaan mesin dari awal, atau untuk penanganan dalam kerusakan mesin saat mesin mengalami kendala. Teknisi dari Toko Mesin Solusindo akan selalu siap untuk menuju daerah anda dan akan menangangi mesin yang anda inginkan. Sebelum mesin yang anda pesan dikirim dan anda terima, terlebih dahulu kami akan cek ulang dari segi kelengkapan dan juga fungsi mesin, agar memastikan mesin berjalan sesuai dengan fungsi nya, dan hasil dari produksi mesin pun maksimal. Quality control serta trial mesin akan selalu dijalankan guna menjaga mutu dan kualitas mesin kami. Garansi tersedia untuk semua mesin kami, baik itu mesin lokal ataupun mesin import, begitu pula dengan spare part mesin untuk beberapa mesin khusus yang membutuhkan suku cadang mesin, kami akan selalu sediakan. Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang produksi kerupuk akan menjadi peluang usaha anda dengan kemungkinan keuntungan yang menjanjikan karena permintaan yang selalu bertambah dan produsen yang masih belum sebanyak jumlah dari permintaan. Akan sangat cocok bagi anda untuk memulai usaha produksi rumahan menggunakan paket mesin produksi kerupuk kami, atau untuk melanjutkan usaha menengah anda dalam memproduksi kerupuk bulat atau kerupuk bentuk lontongan.

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Bisnis UKM Produksi Kerupuk Bulat dan Lontongan. Dimulai dari pembahasan mengenai beberapa jenis jenis kerupuk yang paling diminati oleh masyarakat dan melihat peluang berdasarkan minat kerupuk di masyarakat. Pembahasan akhir sedikit membahas tentang mesin mesin yang berhubugan dengan lancarnya produksi kerupuk praktis, begitu pula dengan mesin mesin pendukung untuk melancarkan proses produksi paket mesin kerupuk. Berbagi ilmu dan juga peluang bisnis tentunya menjadi tugas kami untuk membuka referensi anda mengenai peluang usaha yang dapat anda tekuni, terutama di bahasan ini dalam bidang produksi pupuk organik, dengan bentuk pupuk granul atau pupuk dengan bentuk biji kecil. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas mesin pengolahan makanan dan juga minuman, mesin buatan lokal untuk beberapa kebutuhan produksi, mesin import untuk mesin mesin khusus makanan, minuman dan mesin pendingin, serta masih banyak lagi mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha yang anda mulai. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana atau modal awal anda. Untuk keterangan mesin mesin industry yang lebih lengkap, dapat anda kunjungi di website utama kami di www.tokomesinsolusindo.co.id

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif. 

Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).

Posting Komentar

0 Komentar